Breaking News:

Berita Sulut

Lexi Mantiri Sorot Minimnya Pengangkatan Guru Agama Katolik di CPNS dan PPPK: Kami akan Kawal

Lexi Mantiri menjelaskan ada beberapa persoalan yang diangkat dalam muskomda di antaranya soal pemetaan masalah internal dan eksternal.

Penulis: maximus conterius | Editor: Rhendi Umar
istimewa
Pelantikan Pemuda Katolik Komisariat Daerah Sulawesi Utara (Sulut) masa bakti 2020-2023 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Kepengurusan Pemuda Katolik Komisariat Daerah Sulawesi Utara (Sulut) masa bakti 2020-2023 resmi dilantik oleh Sekjen Pengurus Pusat Christopher Nugroho, Jumat (8/10/2021) di Aula Mapalus Kantor Gubernur Sulut.

Nakhoda kepempimpinan Pemuda Katolik Komisariat Daerah ( Sulut) masih dipegang oleh Lexi Mantiri.

Saat diwawancarai, Lexi Mantiri menjelaskan ada beberapa persoalan yang diangkat dalam muskomda di antaranya soal pemetaan masalah internal dan eksternal.

"Tiga fokus internal yang menjadi perhatian adalah konsolidasi organisasi, kaderisasi dan distribusi kader. Itu program wajib Pemuda Katolik sebagai organisasi kader,"ujarnya.

Sementara soal masalah eksternal, yang dikaji bersama saat muskomda adalah persoalan keadilan dalam hal pelayanan birokrasi khususnya di Kementerian Agama Sulut.

“Sampai saat ini, ada beberapa kabupaten/kota di Sulut yang belum punya struktur pelayanan birokrasi bagi umat Katolik berupa seksi atau penyelenggara bimas Katolik seperti di Minahasa Selatan, Bolmong, Mitra dan Sitaro. Kami berharap ini menjadi perhatian serius bagi Kanwil Kemenag Sulut dan Bimas Katolik", ungkap Lexi.

Selain ketiadaan struktur pelayanan birokrasi di Kemenag, Pemuda Katolik Sulut juga menyoroti minimnya pengangkatan Guru Agama Katolik baik melalui jalur CPNS maupun PPPK di Kemenag dan Kabupaten/Kota.

Dirinya berharap Bimas Katolik proaktif dan inovatif untuk bekerjasama dan bersinergi dengan semua pihak agar ketiadaan struktur pelayanan birokrasi bagi umat Katolik ini segera diadakan dan kuota Guru Agama Katolik harus diperhatikan.

“Pemuda Katolik siap mengawal dan mendukung langkah-langkah konkret yang akan diambil oleh Bimas Katolik dan Kanwil Kemenag Sulut untuk mewujudkan keadilan dalam hal pelayanan birokrasi bagi umat Katolik di Kementerian Agama. Kami juga siap mendukung gerakan moderasi beragama dan merawat kerukunan di Bumi Nyiur Melambai", pungkas Lexi Mantiri.

Tentang Manado

Halaman
12
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved