Breaking News:

Berita Internasional

Militer Taiwan Diam-diam Dilatih Pasukan Khusus AS, Pentagon Menyatakan Dukungan

Wall Street Journal melaporkan pada Kamis (7/10), sekitar 24 anggota pasukan khusus AS dan sejumlah Marinir kini tengah melatih pasukan Taiwan.

AFP / SAM YEH
Pasukan militer Taiwan saat melakukan latihan perang di Taoyuan, Taiwan utara, pada 9 Oktober 2018. 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Sebuah laporan mengatakan Amerika Serikat (AS) diam-diam mempertahankan kontingen kecil pelatih militer di Taiwan selama satu tahun. 

Wall Street Journal melaporkan pada Kamis (7/10), sekitar 24 anggota pasukan khusus AS dan sejumlah Marinir kini tengah melatih pasukan Taiwan.

Para pelatih pertama kali dikirim ke Taiwan oleh pemerintahan Donald Trump, tetapi kehadiran mereka belum dilaporkan sampai sekarang.

Menurut laporan Wall Street Journal, para pelatih di Taiwan bergiliran masuk dan keluar sehingga tidak mewakili kehadiran permanen.

 Dalam foto yang dirilis oleh Kantor Berita Militer Taiwan ini, senjata artileri Taiwan menembakkan peluru tajam selama latihan Han Guang yang diadakan di Taichung, Taiwan, pada hari Kamis, 16 September 2021. Latihan militer tahunan lima hari Han Guang di Taiwan dirancang untuk persiapan pasukan pulau untuk serangan oleh Cina, yang mengklaim Taiwan sebagai bagian dari wilayahnya sendiri.

Ada laporan tentang penasihat militer AS di sana selama bertahun-tahun.

Akan tetapi, menurut seorang profesor hukum di Universitas Hofstra, Julian Ku, faktor signifikan dalam laporan Kamis adalah konfirmasi yang jelas dari pejabat AS.

"Sudah menjadi rahasia umum bahwa mereka telah melakukan latihan di sana-sini, tetapi ini adalah masalah besar untuk secara terbuka mengakui mereka," kata Ku seperti dikutip laman The Guardian, Jumat (8/10).

Sebelumnya Pasukan khusus AS dilaporkan secara rahasia memberikan pelatihan kepada militer Taiwan selama berbulan-bulan.

Rombongan berisi 20 tentara operasi khusus maupun konvensional itu memberikan pelatihan kurang dari setahun.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved