Breaking News:

Berita Minsel

Kuburan di Desa Lalumpe Motoling Minsel Jatuh ke Jurang Akibat Longsor

Hujan lebat yang mengguyur sebagian besar wilayah Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel), menimbulkan tanah longsor.

Penulis: Rul Mantik | Editor: Chintya Rantung
Ist/Humas Polres Minsel
Bencana tanah longsor di kawasan TPU Desa Lalumpe, Kecamatan Motoling 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Hujan lebat yang mengguyur sebagian besar wilayah Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel), menimbulkan tanah longsor.

Bencana tanah longsor itu terjadi di Desa Lalumpe, Kecamatan Motoling, Kabupaten Minahasa Selatan, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

Beruntung, kejadian tanah longsor pada Rabu (6/10/2021) sore menjelang malam itu tidak terjadi di wilayah pemukiman warga.

Kejadian tanah longsor itu terjadi di kawasan Tempat Pemakaman Umum (TPU) Desa Lalumpe.

Akibat tanah longsor itu, puluhan bangunan kuburan terseret dan jatuh ke jurang sedalam 20 meter.

Data sementara, jumlah kuburan yang jatuh ke jurang sekira 10 bangunan.

Kapolres Minsel, AKBP Norman Sitindaon, menjelaskan bencana alam tanah longsor ini disebabkan karena derasnya curah hujan di wilayah setempat yang sebagian besar merupakan area pegunungan.

"Iya. Ada peristiwa tanah longsor di jalan antara Desa Lalumpe dan Raanan Lama. Kurang lebih 10 kuburan yang berada di ujung Desa Lalumpe rusak parah jatuh ke jurang, perkiraan sedalam 20 meter," aku Norman Sitindaon, Kamis (7/10/2021).

Sementara itu, Kapolsek Motoling, Iptu Tonny Simarmata, mengatakan pihaknya bersama instansi terkait langsung melakukan upaya evakuasi serta mengamankan lokasi bencana alam.

"Kami bersama TNI, BPBD, Dinas PU Minsel serta pemerintah kecamatan, pemerintah desa bersama-sama mendatangi dan mengamankan lokasi bencana alam, juga berupaya melakukan proses evakuasi jenazah," ungkap Simamarta.

Halaman
123
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved