Breaking News:

RHK Rabu 6 Oktober 2021

BACAAN ALKITAB Keluaran 18:20 - Bekerja Sesuai Peraturan

Kekuasaan Musa sangat besar. Dia adalah pemimpin tertinggi di kalangan umat Israel. Selain kharismatik dan sangat berpengaruh,

Editor: Aswin_Lumintang
ilustrasi 

Keluaran 18:20

TRIBUNMANADO.CO.ID - Kekuasaan Musa sangat besar. Dia adalah pemimpin tertinggi di kalangan umat Israel. Selain kharismatik dan sangat berpengaruh, keputusannya adalah mutlak dan harus dilksanakan umat Israel. Sebab kekuasaanya hanya berada di bawah Tuhan Allah saja.

Namun, dalam posisi atau kedudukan yang "super power" itu, dia tidak lupa diri ataupun hilang kendali karena terlalu _over confident_. Malah dia dengan rendah hati mendengar kritik, saran dan nasihat si mertuanya, Yitro, dalam kepemimpinannya, untuk menata dan memimpin bangsa yang besar itu.

Renungan
Renungan (WWW.THOUGHTCO.COM)

Yitro bahkan "mendikte" dia dalam kekuasaan penuhnya itu. Tapi, Yitro tentunya "mendikte" pada jalan yang baik dan benar. Yitro "mengajar" Musa agar berlaku sesuai peraturan dan ketentuan yang berlaku. Jangan menyimpang ke kanan ataupun ke kiri. Musa pun harus mengajarkan hal itu kepada orang Israel agar hidup menurut ketetapan-ketetapan dan hukum-hukum Tuhan. Musa harus memberi tahu mereka jalan-jalan yang harus ditempuh, agar mereka tidak kehilangan atau salah arah.

Demikian firman Tuhan hari ini.
"Kemudian haruslah engkau mengajarkan kepada mereka ketetapan-ketetapan dan keputusan-keputusan, dan memberitahukan kepada mereka jalan yang harus dijalani, dan pekerjaan yang harus dilakukan." (ay 20)_
Ada dua advis, nasihat sekaligus pengajaran Yitro kepada Musa, dalam menjalankan tugasnya. Pertama adalah mengajarkan mereka tentang peraturan yang harus diikuti, dan yang kedua adalah memberitahukan jalan yang harus dilakukan. Jadi, dua tugas itu harus dilakukan oleh Musa secara simultan. Intinya adalah, dilarang menabrak aturan. Dalam menjalankan tugasnya, Musa harus mengajarkan umat untuk taat pada ketetapan-ketetapan dan keputusan-keputusan, jangan melanggarnya. Semuanya harus ikut aturan agar teratur, tertib, lancar, aman dan nyaman.

Musa harus mengajar semua umat, termasuk para pemimpin-pemimpin di bawahnya tentang ketentuan yang harus dipatuhi dan dijadikan landasan tugas, tanggungjawab dan pekerjaan mereka. Selanjutnya, dia harus membetitahukan kepada mereka apa yang harus mereka kerjakan dan jalani, agar sistem kerjanya tertata, terkontrol tapi juga terukur dan berhasil guna (sukses).

Jadi, inti dan pesan yang paling hakiki dari Yitro kepada Musa yang dengan sendirinya untuk kita juga adalah, kita harus bekerja sesuai aturan. Jangan melanggar aturan. Bekerjalah berdasarkan aturan. Jangan memaksakan aturan mengikuti kemauan dan cara kerja kita. Artinya jangan memelintir aturan untuk kepentingan kita. Tapi jadikan aturan sebagai pandu dan penuntun dalam melaksanakan tugas kita. Istilah orang kebanyakan, bahwa hukum (peraturan) harus jadi panglima dalam tugas kita, sehingga tidak salah melangkah.

Kita juga diingatkan untuk mengingatkan sahabat, teman, pemimpin maupun bawahan kita tentang apa yang harus kita lakukan, sambil menjauhi pelanggaran terhadap ketentuan hukum, baik secara verbal dengan kata-kata, maupun dalam keteladanan, sikap nyata dalam tugas dan tanggungjawab kita.

Keluarga dan umat Kristen haruslah menjadi teladan dan penuntun bagi semua orang dalam bekerja dan menjadi pemimpin maupun bawahan. Kitalah yang harus menjadi panutan dalam hal menaati ketentuan dan peraturan dalam pekerjaan kita. Bukannya kita yang menjadi otak utama dalam melanggar aturan.

Ketentuan hukum tertulis (peraturan), maupun hal yang menyangkut etika, moralitas dan pesan theologis, hendaklah kita pakai sebagai koridor yang menghentar kita dalam tugas, sehingga apa yang kita lakukan adalah benar, baik dan menjadi berkat bagi diri kita, maupun berguna bagi banyak orang. Sehingga dari cara hidup kita, nama Tuhan Yesus yang dimuliakan. Amin

DOA: Tuhan Yesus, tuntun kami agar senantiasa melakukan segala sesuatu dengan baik dan benar, tanpa melanggar peraturan, sehingga kami jadi berkat bagi banyak orang. Amin

Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved