Breaking News:

Apa Itu

Apa Itu Pandora Papers, Muncul Setelah Skandal Panama dan Paradise Papers, Apa Bedanya?

Kekayaan dan urusan bisnis rahasia dari para pemimpin dunia, politikus dan kaum konglomerat diungkap dalam salah satu aksi pembocoran dokumen keuangan

Istimewa
Apa Itu Pandora Papers, Muncul Setelah Skandal Panama dan Paradise Papers, Apa Bedanya? 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Apa itu Pandora Papers?

Pandora Papers adalah 12 juta dokumen yang mengungkapkan aset tersembunyi, penghindaran pajak, dan kasus pencucian uang oleh beberapa orang terkaya dan berkuasa di dunia.

Di dalam Pandora Papers mencakup 6,4 juta dokumen, sekitar tiga juta gambar, lebih dari satu juta email, dan hampir setengah juta spreadsheet.

Kekayaan dan urusan bisnis rahasia dari para pemimpin dunia, politikus dan kaum konglomerat diungkap dalam salah satu aksi pembocoran dokumen keuangan terbesar.

Sekitar 35 pemimpin yang masih aktif maupun tidak lagi menjabat dan lebih dari 300 pejabat publik tercakup dalam dokumen dari perusahaan luar negeri (offshore) atau perusahaan yang berada didirikan di luar yurisdiksi negara masing-masing.

Dokumen ini diberi nama Pandora Papers.

Saat ini dunia sedang dihebohkan oleh Pandora Papers yang mengungkap kebocoran data mengenai skandal penggelapan harta kekayaan dan penggelapan pajak orang-orang terkaya dan penguasa dunia.

Pandora Papers disebut sebagai tsunami data yang mengungkap 11,9 juta rekam data dari 14 perusahaan keuangan offshore yang berbeda.

Konsorsium Jurnalis Investigatif Internasional (ICIJ) sebagai pihak yang memperoleh data tersebut mengungkapkan, bocaran data pada Pandora Papers mengungkap rekam jejak elit dunia yang memanfaatkan wilayah atau negara surga pajak (tax havens) untuk membeli properti dan menyembunyikan aset mereka.

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved