Breaking News:

RHK Minggu 3 Oktober 2021

RENUNGAN HARIAN KELUARGA Keluaran 18:13-14 - Kritik Untuk Membangun

Manusia adalah mahluk sosial merupakan ungkapan yang sejak dulu sampai sekarang masih kita dengar, terutama ketika kita diajak

Editor: Aswin_Lumintang
Kolase Tribun Manado/Foto: Istimewa
Ilustrasi Nabi Musa 

Keluaran 18:13-14
"Keesokan harinya duduklah Musa mengadili di antara bangsa itu; dan bangsa itu berdiri di depan Musa, dari pagi sampai petang.
Ketika mertua Musa melihat segala yang dilakukannya kepada bangsa itu, berkatalah ia: "Apakah ini yang kaulakukan kepada bangsa itu? Mengapakah engkau seorang diri saja yang duduk, sedang seluruh bangsa itu berdiri di depanmu dari pagi sampai petang?""
---------------------------------------------

Ilustrasi Nabi Musa membawa Bani Israil keluar dari kezaliman Fir'aun
Ilustrasi Nabi Musa membawa Bani Israil keluar dari kezaliman Fir'aun (NET)

TRIBUNMANADO.CO.ID - Manusia adalah mahluk sosial merupakan ungkapan yang sejak dulu sampai sekarang masih kita dengar, terutama ketika kita diajak untuk memahami bahwa kita selalu membutuhkan kehadiran dan peran orang lain dalam kehidupan kita.

Artinya kita tidak dapat hidup atau melakukan pekerjaan sendiri, dan kalaupun kita memaksakan diri untuk menjalankan hidup dan kerja sendiri, maka umumnya kita mengalami kelelahan dan hasil kerja tidak maksimal serta tujuan yang dicapai tidak efektif. Karena itu dalam hidup, kita selalu memerlukan support (dukungan) dan nasihat atau saran dari orang lain.

Melalui pembacaan Alkitab hari ini, kita dicontohkan dengan cara kerja Musa yang dikritik oleh Yitro mertuanya, sebab terlihat tidak efisien dan efektif. Artinya, tidak efisien karena menggunakan waktu dari pagi sampai petang hanya untuk mengurus perkara bangsa Israel, tidak efektif karena kendatipun banyak waktu yang digunakan tetapi tidak dapat menyelesaikan perkara bangsa itu dalam sehari, dan hal ini terjadi hanya karena satu alasan, yaitu Musa melakukan pekerjaan itu hanya seorang diri.

Oleh karena itu, kehadiran Yitro yang memberi kritik dan nasihat menjadi sesuatu yang sangat menguntungkan, baik bagi Musa maupun bangsa Israel. Dan inilah yang disebut kritik untuk membangun yaitu kritik yang disertai masukan yang konstruktif (membina, mendidik dan membangun).

Sebagai keluarga Kristen yang dikasihi Tuhan, memang di sekitar kita sering kita jumpai ada orang tertentu yang memberi kritikan tetapi hanya untuk menjatuhkan atau “menghancurkan karakter” orang lain, dan biasanya hal ini terjadi karena ada persaingan baik dalam status sosial maupun karena berbeda pandangan.

Karena itu, Firman Tuhan hari ini menuntun kita agar mampu memahami hal-hal yang ada di sekitar kita, termasuk dalam persekutuan orang percaya dengan memberi kritik dan masukan untuk membangun kehidupan bersama menuju pada sesuatu yang lebih baik. Amin.

DOA: Ya Tuhan, terima kasih atas Firman-Mu hari ini, dan kini mampukanlah kami untuk memberikan kritik dan saran yang membangun dalam kehidupan kami, baik dalam keluarga aupun dalam persekutuan orang percaya. Amin.

Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved