Breaking News:

Berita Minahasa

BPKAD Minahasa Gelar Bimtek Pengelolaan Aset dan Barang Milik Daerah

BPKAD Kabupaten Minahasa melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) pengelolaan barang milik daerah pemerintah Kabupaten Minahasa

Penulis: Majer Lumantow | Editor: Chintya Rantung
mejer lumantow/tribun manado
BPKAD Kabupaten Minahasa melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) pengelolaan barang milik daerah. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Minahasa melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) pengelolaan barang milik daerah pemerintah Kabupaten Minahasa, bertempat di Hotel Mercure.

Kepala BPKAD Joice Pua kepada Tribunmanado.co.id mengatakan, Bimtek pengelolaan barang milik daerah tersebut dilaksanakan guna melakukan pendataan kembali sejumlah aset milik pemerintah.

"Tujuannya adalah supaya setiap aset pemerintah bisa terdata dan dicatat sehingga dapat dikelola dengan sesuai fungsi dimasing-masing SKPD," jelas Pua kepada Tribunmanado.co.id, Minggu (3/10/2021).

Dikatakannya, ada beberapa poin yang dibahas diantaranya memahami tugas dan tanggungjawab pengelolaan aset daerah kemudian melalukan pendataan aset yang tersedia atau aktif digunakan.

Selain itu, Pua menegaskan bahwa pencatatan aset pemerintah ini sangat penting, dan tidak boleh lalai dalam pendataan barang dan aset daerah.

"Aset merupakan salah satu unsur yang harus dikelola dengan baik agar menghasilkan informasi yang andal dalam laporan keuangan daerah.

Tertibnya pengelolaan barang milik daerah (aset tetap) membawa efek signifikan terhadap pemanfaatan aset disetiap perangkat daerah," terang Pua.

Selain itu, pengelolaan Aset Daerah mempunyai fungsi penyusunan rencana kebutuhan dan pemeliharaan barang milik daerah, penyelenggaraan penatausahaan dan penghapusan barang milik daerah, dan penyelenggaraan pemanfaatan.

"Juga perlu didata terjadinya pemindahtanganan, pengamanan dan pengendalian barang milik daerah, serta penyelenggaraan penyimpanan, penyaluran, perawatan dan pemeliharaan barang milik daerah," papar Pua.

Dirinya berharap, pengelolaan aset daerah ini semakin tertib sehingga tidak terjadi missing dari proses perencanaan, pencatatan, dan pendataan disemua perangkat daerah. (Mjr)

Tentang Minahasa

Kabupaten Minahasa adalah salah satu kabupaten yang berada di provinsi Sulawesi Utara, Indonesia.

Ibu kota kabupaten ini terletak di Kota Tondano, dengan luas wilayah kabupaten 1.025,85 km².

Kabupaten Minahasa memiliki 25 kecamatan, 43 kelurahan dan 227 desa (dari total 171 kecamatan, 332 kelurahan dan 1.507 desa di seluruh Sulawesi Utara.

Saat ini Kabupaten Minahasa dipimpin oleh Bupati Royke Octavian Roring dan Wakil Bupati Robby Dondokambey. (Mjr)

Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved