Ganjar Pranowo

Warga Jawa-Madura yang Merantau ke Papua Semringah Bertemu Ganjar

Puluhan warga Jawa-Madura yang merantau ke Papua berkumpul di salah satu restoran di kota Jayapura.

Istimewa
Warga Jawa-Madura yang Merantau ke Papua Semringah Bertemu Ganjar 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Puluhan warga Jawa-Madura yang merantau ke Papua berkumpul di salah satu restoran di kota Jayapura.

Mereka kedatangan tamu istimewa yakni Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

Ganjar bertandang ke Papua untuk mengikuti pembukaan PON dan menyemangati atlet Jawa Tengah menyempatkan diri bersilaturahmi dengan warga Jawa-Madura di Papua.

Ganjar bertandang ke Papua untuk mengikuti pembukaan PON dan menyemangati atlet Jawa Tengah menyempatkan diri bersilaturahmi dengan warga Jawa-Madura di Papua.
Ganjar bertandang ke Papua untuk mengikuti pembukaan PON dan menyemangati atlet Jawa Tengah menyempatkan diri bersilaturahmi dengan warga Jawa-Madura di Papua. (Istimewa)

Sorak-sorai langsung bergemuruh saat Ganjar tiba di tempat itu. 

Satu persatu, mereka menyapa Ganjar dengan menyebutkan daerah asalnya.

"Saya dari Jabar pak, saya dari Jatim. Pati pak, nyong Banyumas pak. Wonogiri hadir pak. Madura pak, pak aku wong Lamongan (saya orang Lamongan). Pak foto pak," begitu teriak warga saat menyapa Ganjar.

"Eh wong Lamongan, pecel lele ya," canda Ganjar.

Ganjar pun dengan sabar melayani warga yang ingin berfoto dengannya. Setelah duduk sebentar dan ramah tamah, Ganjar kemudian memberikan sambutan pada masyarakat Jawa-Madura di sana.

"Pertemuan kita malam ini bukan hanya sekedar silaturahmi, tapi tombo kangen. Saya senang sekali melihat bapak ibu di sini begitu semangat dan menjaga persaudaraan sesama perantauan. Tak dhelok kabeh seneng, bahagia, mrenges (saya lihat semua senang, bahagia dan senyum)," kata Ganjar.

Cukup singkat Ganjar memberikan sambutan dalam acara itu. Selain dialog dengan perwakilan masyarakat dari berbagai daerah, Ganjar juga memberikan pesan pada mereka yang sedang mengadu nasib di Papua.

"Jangan lupa, di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung. Selama panjenengan di sini, mari hormati saudara kita di Papua. Jangan lupa pada asal kita. Kacang ojo lali lanjaran," ucapnya.

Ganjar mengatakan sangat senang masyarakat Jawa-Madura yang ada di Papua semua guyub rukun. Ia meminta hal itu dipertahankan, agar persatuan dan kesatuan bisa tetap terjaga.

"Saya doakan semuanya sehat. Saya titip, bantulah daerah ini. Bangunlah agar menjadi maju, modern dan rakyatnya menjadi makmur. Dengan cara itu kita bisa berkontribusi pada negara. Tetep sing guyub, rukun dan kalau pulang ke Jawa atau Madura, silahkan mampir ke rumah saya," pungkas Ganjar.

Warga yang hadir begitu antusias dengan pertemuan itu. Mereka menganggap, bertemu Ganjar bisa mengobati kangen dengan kampung halaman.

Warga Jawa-Madura yang Merantau ke Papua Semringah Bertemu Ganjar
Warga Jawa-Madura yang Merantau ke Papua Semringah Bertemu Ganjar (Istimewa)
Halaman
12
Sumber: Tribun Manado
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved