Breaking News:

Konflik Tambang Bolmong

Cegah Terjadinya Konflik Susulan di Tambang Bolmong, Kapolda Sulut Siapkan Pengamanan Ketat

Kombes Pol Jules Abraham Abast mengatakan bahwa peristiwa tersebut dipicu dari aksi pemasangan patok batas wilayah di perkebunan Bolingongot.

Penulis: Andreas Ruauw | Editor: Rizali Posumah
Polda Sulut
Situasi di pertambangan emas PT Bulawan Daya Lestari (BDL) di Desa Toruakat, Kabupaten Bоlmоng. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Kericuhan yang terjadi di Pertambangan emas PT Bulawan Daya Lestari (BDL) di Desa Toruakat, Kabupaten Bоlmоng saat ini telah ditangani oleh pihak Kepolisian Polda Sulut.

Hal ini merupakan respon atas sikap serius Kapolda Sulut Irjen Pol Nana Sudjana dalam menanggapi konflik yang telah mengakibatkan salah satu nyawa melayang.

Kabid Humas Kombes Pol Jules Abraham Abast mengatakan bahwa peristiwa tersebut dipicu dari aksi pemasangan patok batas wilayah di perkebunan Bolingongot lokasi pertambangan PT Bulawan Daya Lestari (BDL) oleh masyarakat Desa Toruakat, Bolmong.

Beliau pun menegaskan agar konflik tersebut diredam dan masyarakat tetap menjaga situasi keamanan dan ketertiban yang kondusif.

“Masyarakat maupun kedua belah pihak diimbau tetap tenang, tidak mudah terpancing situasi, dan mempercayakan sepenuhnya penanganan kejadian ini kepada pihak kepolisian,” ujar Kombes Pol Jules Abraham Abast, Selasa (28/9/2021) malam.

Dijelaskannya, konflik terjadi pada Senin (27/08) siang, sesaat usai pemasangan patok di lokasi tersebut. Diduga melibatkan antara penjaga lokasi PT. BDL dengan masyarakat Desa Toruakat, Kabupaten Bolmong. 

Terdapat 5 korban dalam konflik tersebut, di mana 4 korban mengalami luka-luka dan 1 korban meninggal dunia.

Informasi diperoleh, korban luka-luka tersebut terdiri dari 3 penjaga lokasi PT. BDL, dan 1 warga Desa Toruakat. Sedangkan 1 korban yang meninggal dunia merupakan warga Desa Toruakat.

“Hingga saat ini pihak kepolisian menambah personel pengamanan di sekitar lokasi kejadian untuk mencegah terjadinya konflik susulan."

"Personel kepolisian juga melakukan patroli di sekitar Toruakat dan Dumoga,” jelasnya.

Kombes Pol Jules Abraham Abast menegaskan, pihak kepolisian pun terus melakukan berbagai upaya untuk menangani konflik ini.

“Di antaranya penyelidikan mendalam untuk mengungkap dan menangkap pelaku penembakan."

"Pihak kepolisian akan tetap bekerja secara profesional dalam menangani kejadian ini,” pungkas Kombes Pol Jules Abraham Abast.

Presiden Jokowi Setuju 56 Pegawai Nonaktif KPK Direkrut Jadi ASN Polri

Bacaan Alkitab I Timotius 5: 3-16 Mengenai Janda

Sulut Pintu Gerbang Masuk Indonesia, Kunjungan Wisman Tunggu Kebijakan Pusat

 

Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved