Breaking News:

Berita Bolmong

Pemkab Bolmong dan BP2MI Manado Bahas MoU Pengiriman Tenaga Kerja ke Luar Negeri

Pemkab Bolmong terus menindaklanjuti rencana kerjasama dengan UPT Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Manado

Penulis: Nielton Durado | Editor: Chintya Rantung
IST/BP2MI Manado
Pertengahan Pemkab Bolmong dan BP2MI Manado, Selasa (28/9/2201). 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Pemkab Bolmong terus menindaklanjuti rencana kerjasama dengan UPT Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Manado.

Hal itu dengan dilakukannya pertemuan kedua dalam rangka membahas draf MoU terkait pengiriman tenaga kerja ke luar negeri.

Rapat tersebut digelar dengan Asisten II Pemkab Bolmong Bidang Perekoniman Pembangunan Zainudin Paputungan di ruang kerjanya, Selasa (28/09/2021).

Kepala UPT BP2MI Manado Hendra Makalalag menjelaskan, pertemuan ini menindaklajuti pertemuan sebelumnya dengan Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow beberapa waktu lalu.

Pada pertemuan itu, membahas draf penyusunan MoU untuk penandatangan nanti.

“Alhamdulillah direspon oleh Ibu Bupati Bolmong. Sehingga mulai ditindalanjuti dengan pertemuan guna penyusunan draf MoU untuk penandatanganan mendatangan,” ujar Hendra.

Hendra mengatakan, undang-undang nomor 18 tahun 2017 telah melahirkan sejumlah konsekuensi logis yakni tentang pemberian kewenangan dan tanggung jawab kepada pemerintah daerah secara tegas kaitannya dengan pelindungan Pekerja Migran Iindonesia (PMI).

“Insya Allah ini akan menjadi momentum penting dan strategis. Tentu kita harapkan ini bisa diimplementasikan ke depannya,” tutur Hendra.

Menurutnya, lewat semangat UU No. 18/2017, pemerintah kabupaten/kota diberikan tanggung jawab dalam pendidikan dan pelatihan diberikan kepada Calon PMI.

Sementara desa sebagai penyelenggaraan pemerintah pada level akar rumput bertanggungjawab dalam penyebarluasan informasi seputar peluang kerja di luar negeri dan pendataan dokumen-dokumen identitas Calon PMI.

Halaman
123
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved