Breaking News:

Berita Mitra

Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia Sulut Rehab Sumur Warga Korban Banjir di Mitra

Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia (HAKLI) Provinsi Sulut ikut mengambil bagian dalam kepedulian atas bencana alam banjir bandang

Penulis: Kharisma Kurama | Editor: Chintya Rantung
IST
Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia (HAKLI) Provinsi Sulut 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia (HAKLI) Provinsi Sulut ikut mengambil bagian dalam kepedulian atas bencana alam banjir bandang yang terjadi di Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra).

Kepedulian itu ditunjukkan dengan melakukan aksi sosial berupa melakukan normalisasi sumur gali di lokasi bencana, sekaligus membagikan bahan kebutuhan pokok.

Kegiatan ini digelar dalam kerjasama dengan Poltekes Kemenkes Manado Jurusan Kesehatan Lingkungan, dipimpin Ketua HAKLI Sulut, Tony Kurtis Timpua.

“Kami tahu bahwa air bersih menjadi salah satu kebutuhan pokok yang sangat urgen untuk dipenuhi. Maka kita menaruh perhatian terhadap hal tersebut,” katanya, Selasa (28/9/2021).

Timpua menjelaskan, normalisasi yang dimaksud adalah dengan menyedot dan mengeluarkan lumpur yang mengendap di sumur, sekaligus juga menyedot airnya supaya dapat terganti dengan air baru dari mata air.

“Kami mengawali dengan identifikasi masalah, hasilnya ada lima sumur yang harus dibersihkan agar dapat kembali digunakan untuk sumber air minum dan air bersih, yakni dua sumur di Pangu dan dua sumur di Wioi,” terangnya didampingi Joy Sambuaga MKes, dosen di Poltekkes Kemenkes Manado Jurusan Kesehatan Lingkungan.

Dalam kesempatan yang sama, HAKLI juga menyerahkan paket bahan pokok bagi masyarakat yang terdampak bencana.

Kegiatan yang dilaksanakan hingga malam hari ini juga melibatkan HAKLI Kabupaten Mitra, alumni dan mahasiswa Kesehatan Lingkungan Poltekkes Kemenkes Manado, DLH Kabupaten Mitra, BPBD, Dinas Kesehatan, KKP Manado, dan BTKL Manado. Ikut menyaksikan kegiatan ini adalah Asisten I Sekdakab Mitra, Jani Rolos.

Tentang Mitra

Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) adalah salah satu Kabupaten di antara 15 Kabupaten/Kota (11 Kabupaten dan 4 Kota) yang ada di Provinsi Sulawesi Utara, Indonesia.

Ibu kota Kabupaten Minahasa Tenggara adalah Ratahan, berjarak sekitar 80 km dari Manado, ibu kota Provinsi Sulawesi Utara. 

Kabupaten Minahasa Tenggara memiliki 12 kecamatan, 9 kelurahan dan 135 desa (dari total 171 kecamatan, 332 kelurahan dan 1.507 desa di seluruh Sulawesi Utara).

Luas wilayah Minahasa Tenggara adalah 710,83 km². 

Saat ini Kabupaten Minahasa Tenggara dipimpin Bupati Mitra James Sumendap dan Wakil Bupati Jesaja Jocke Legi.

Baca juga: GAMKI Minahasa Bantu Korban Banjir di Mitra

Baca juga: ASNI Manado Berbagi Bantuan untuk Korban Banjir Bandang di Mitra

Baca juga: Sosok Lodewijk F Paulus, Putra Sulut yang Disebut Gantikan Azis Syamsuddin, Eks Danjen Kopassus

Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved