Breaking News:

Berita Sulut

Olly Dondokambey Masuk Menteri Jokowi, Ini Kata Pengamat Politik Taufik Tumbelaka

Pengamat Politik Sulut Taufik Tumbelaka mengatakan jika nantinya ada resuffle kabinet dalam pemerintahan Jokowi - Ma'ruf Amin dan Gubernur Sulut

Editor: Chintya Rantung
ryo noor/tribun manado
Taufik Tumbelaka Pengamat Politik 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Pengamat Politik Sulut Taufik Tumbelaka mengatakan jika nantinya ada resuffle kabinet dalam pemerintahan Jokowi - Ma'ruf Amin dan Gubernur Sulut, Olly Dondokambey (OD) "ditarik" untuk dimasukan dalam jajaran kabinet, hal itu tidak mengejutkan.

Ini dikarenakan sebagai Gubernur, OD dapat dikatakan telah senior dikarenakan telah 2 periode sehingga kinerjanya dapat dilihat, dinilai dan diukur oleh Jokowi selaku Presiden dan oleh Megawati Soekarnoputri selaku Ketua Umum PDI Perjuangan yang merupakan partai politik (parpol).

"Olly juga adalah kader senior dari PDI Perjuangan yang memiliki jabatan strategis sebagai Bendahara Umum DPP, maka otomatis mempunyai semacam hak istimewa jika nantinya PDI Perjuangan dimintakan oleh Presiden mengajukan kader untuk menjadi Menteri," jelas Tumbelaka kepada Tribun Manado.

Lanjutnya, diluar 2 hal itu, pergantian Menteri akan terjadi dengan tetap menjaga harmoni politik nasional berdasarkan pertimbangan politik pengusungan parpol saat Jokowi - Ma'ruf Amin menjadi kandidat dalam Pemilu Presiden.

"Diketahui bahwa dalam jajaran kabinet terbagi dalam 2 "kelompok" yaitu para kader parpol pengusung dan sosok berlatar belakang non kader parpol atau profesional," terangnya.

Berkaitan dengan itu itu, kata Tumbelaka, maka jika nantinya OD akan ditarik masuk dalam kabinet maka ada 2 kemungkinan, yaitu menggantikan kader lain dari PDI Perjuangan atau menggantikan sosok profesional.

"Hal ini tidak lepas dengan bergantung kepada Jokowi - Ma'ruf Amin dan para Pimpinan parpol yang merupakan pengusung," pungkas Tumbelaka. (Mjr)

Baca juga: Pernyataan Massimiliano Allegri Usai Juventus Menang dari Sampdoria: Kami Bekerja dengan Baik

Baca juga: Gempa Senin 27 September 2021, Terjadi Pukul 00.01 WIB, Berikut Lokasi Pusatnya Info BMKG 

Baca juga: Waduh yang Sabar ya! 8 Zodiak Akan Bernasib Sial Senin 27 September 2021, Cancer Bikin Kesalahan

Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved