Breaking News:

Berita Minsel

Kata Psikolog Orley Sualang Soal Kasus di Minsel: Faktor Kepribadian Bisa Jadi Penyebab

"Kalau berdasar berita dan informasi, besar kemungkinan RL adalah pelaku KDRT (Kekerasan dalam rumah tangga)," jelas Sualang kepada Tribun Manado.

Penulis: Majer Lumantow | Editor: Rizali Posumah
Istimewa.
Psikolog Sulut Orley Sualang S.Psi, MA. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Kasus seorang kakek warga Desa Tondei Dua, Kecamatan Motoling Barat, Kabupaten Minsel yang diduga bunuh diri setelah bunuh cucunya mendapat tanggapan dari Psikolog Orley Sualang S.Psi, MA.

Menurut Sualang, pembunuhan tersebut bisa dipicu oleh berbagai faktor. 

"Kalau berdasar berita dan informasi, besar kemungkinan RL adalah pelaku KDRT (Kekerasan dalam rumah tangga)," jelas Sualang kepada Tribun Manado.

Dikatakannya, banyak faktor penyebab sehingga terjadi KDRT hingga pembunuhan.

Seperti konflik suami istri, faktor ekonomi, faktor kepribadian suami yang neurotik dan perilaku negatif suami yang agresif, serta faktor-faktor penyebab lainnya. 

"Tentu kejadian diatas sangat memprihatinkan karena di masa pandemi seperti ini, banyak keluarga yang rentan mengalami stres, bahkan depresi, sehingga kejadian pembunuhan / bunuh diri dapat terjadi," ungkap Sualang.

Untuk itu, Sualang yang juga Lulusan Magister Psikologi, Universitas Gadjah Mada ini mengatakan perlu adanya upaya atau perhatian khusus dari pemerintah, praktisi profesional, pembimbing rohani, atau LSM terdekat.

"Ini penting untuk memberikan penanganan ataupun sosialisasi terkait bagaimana menjaga kesehatan mental selama masa pandemi," terangnya.

Selain itu, tambah dia, Keluarga yang dekat dengan korban atau pelaku juga perlu diberikan support sosial dan pendampingan khusus agar dapat mencegah terjadinya KDRT.

Tentang Minsel

Halaman
12
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved