Breaking News:

Sulut Maju

Gubernur Sulut Olly Dondokambey Sabet Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya 2021

Pemerintahan Gubernur Olly Dondokambey dan Wagub Steven Kandouw menyabet penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya tahun 2021.

Penulis: Ryo_Noor | Editor: Chintya Rantung
IST/Pemprov Sulut
Pemerintahan Gubernur Olly Dondokambey dan Wagub Steven Kandouw menyabet penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya tahun 2021. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Pemprov Sulut kembali menorehkan prestasi tingkat nasional.

Pemerintahan Gubernur Olly Dondokambey dan Wagub Steven Kandouw menyabet penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya tahun 2021.

Penghargaan diberikan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3A) RI.

Menteri P3A RI, Bintang Puspayoga menyerahkan langsung penghargaan tersebut diterima dr Kartika Devi Tanos, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Jumat (24/9/2021) di Kantor Kementerian P3A RI, Jakarta.

Dr Kartika Devi Tanos menjelaskan Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya merupakan Penghargaan yang diberikan kepada Kementrian/Lembaga dan Pemerintah Daerah sebagai bentuk pengakuan atas komitmen dan peran dalam upaya mewujudkan Kesetaraan Gender dalam Pelaksanaan strategi Pengarusutamaan Gender (PUG).

Pemprov Sulut menerima penghargaan kategori tingkat Utama.

"Saya mewakili pemerintah Provinsi Sulawesi Utara yang menerima penghargaan tersebut," ungkap Istri dari Wagub Steven Kandouw ini.

Pada Tahun-tahun sebelum pandemi biasanya, penghargaan ini diserahkan Presiden Joko Widodo, namun karena masih di masa pandemi ia mewakili Gubernur Olly Dondokambey dan Wagub Steven Kandouw menjemput penghargaan diserahkan langsung Menteri P3A

Adapun empat Kategori Penerima Anugerah Parahita Ekapraya yakni Tingkat Pratama (Pemula), Tingkat Madya (Pengembang), Tingkat Utama (Peletakan dasar dan Keberlanjutan), dan Tingkat Mentor

Anugerah Parahita Ekapraya dinilai dari 7 (Tujuh) Komponen kunci, terdiri dari Komitmen (Perda PUG, Pergub PUG),bKebijakan (RPJMD, Renstra OPD), Kelembagaan (POKJA PUG, Focal POINT).

Sumber Daya Manusia dan Anggaran (SDM Terlatih PPRG dan Jumlah Anggaran Provinsi Responsif Gender),bAlat Analisis Gender (Gender Analisis Pathway (GAP) dan Gender Budgeting Statement (GBS), Data Gender (Data Terpilah Perempuan dan Laki terkait berbagai hal dalam Sumbar satu Data )

Partisipasi Masyarakat (PUSPA : Partisipasi Publik Untuk Kesejahteraan Perempuan Dan Anak, anggotanya : Lembaga Masyarakat, Dunia Usaha dan Media).

Provinsi Sulut menerima Penghargaan APE kategori tingkat Utama tahun 2021.

Selain Pemprov Sulut yang menerima penghargaan APE 2021, ada juga enam kabupaten/kota yang menerima penghargaan APE tersebut yakni Kabupaten Bolmut, Boltim, Minahasa, Kota Manado, Bitung, dan Kotamobagu. (ryo)

Baca juga: Info BMKG untuk Prakiraan Cuaca di 33 Kota Hari Ini Sabtu 25 September 2021

Baca juga: Jadwal Pertandingan PON XX Papua Sabtu 25 September 2021, 6 Cabang Olahraga, Berikut Daftarnya

Baca juga: Dulu Banyak Penggemar, Artis Cantik Ini Lalu Hijrah dan Mantap Berhijab, Sampai Nangis Baca Al Quran

Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved