Breaking News:

Berita Sitaro

Masyarakat Sitaro Dimintai Waspadai Dampak Cuaca Ekstrem

Angin kencang yang mengakibatkan tinggingnya gelombang juga mulai melanda perairan laut Kabupaten Kepulauan Sitaro dan sekitarnya.

Penulis: Octavian Hermanses | Editor: Rizali Posumah
tribunmanado.co.id/Octavian Hermanses
Bupati Sitaro Evangelian Sasingen. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Selang beberapa hari ini, wilayah Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) kerap diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga lebat.

Tak hanya itu, angin kencang yang mengakibatkan tinggingnya gelombang juga mulai melanda perairan laut Kabupaten Kepulauan Sitaro dan sekitarnya. 

Terkait kondisi ini, Bupati Evangelian Sasingen meminta masyarakat untuk waspada terhadap dampak cuaca buruk yang akhir-akhir ini terjadi di Kabupaten Sitaro.

"Diminta kepada seluruh warga masyarakat di Kabupaten Kepulauan Sitaro agar mewaspadai dampak cuaca ekstrem ini."

"Kondisi seperti inu bisa menimbulkan bencana alam seperti banjir, tanah longsor dan sebagainya," kata bupati melalui pesan Whatsapp, Rabu (22/9/2021).

Menurut bupati, keberadaan Kabupaten Kepulauan Sitaro yang didominasi lautan serta lereng dan perbukitan membuat daerah tersebut rawan terjadi bencana alam.

"Cuaca ekstrem yang terjadi beberapa hari ini dapat memicu terjadinya bencana alam."

"Maknya dalam melakukan aktivitas, masyarakat harus melihat perkembangan kondisi yang ada," lanjutnya.

Untuk mengoptimalkan upaya pencegahan dan penanganan bencana alam sebagai dampak dari cuaca buruk saat ini, bupati telah menginstruksikan jajarannya agar terus melakukan koordinasi dan edukasi kepada masyarakat terkait antisipasi bencana alam.

"Upaya mitigasi harus kita perkuat. Dalam hal ini, peran aktiv kepala-kepala wilayah, baik di tingkat kecamatan, kelurahan dan kampung sangat-sangat diharapkan," ujar bupati.

Halaman
123
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved