Berita Sitaro

Operasi Restorasi Kabel Fiber Optik di Sitaro 25 September-2 Oktober 2021

Rencanannya perbaikan kabel fiber optik akan dilakukan pada tanggal 23 September 2021 hingga 30 September 2021, namun rencana itu batal.

Penulis: Octavian Hermanses | Editor: Rizali Posumah
Dokumentasi Jacson Baginda
Kepala Dinas Kominfo Sitaro, Jacson Baginda. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Rencana operasi restorasi atau perbaikan kabel fiber optik bawah laut di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) mengalami pemunduran dari jadwal sebelumnya. 

Rencanannya perbaikan kabel fiber optik akan dilakukan pada tanggal 23 September 2021 hingga 30 September 2021, namun rencana itu batal.

Informasi terbaru yang diperoleh tribunmanado.co.id menyebut, waktu perbaikan akan dilaksanakan mulai tanggal 25 September 2021 sampai 2 Oktober 2021.

Hal itu dikarenakan keterlambatan kedatangan kapal Pasific Guardian yang akan melakukan operasi perbaikan dimaksud.

Kapal yang teragendakan tiba di Pelabuhan Bitung pada tanggal 20 September 2021 terlambat karena kondisi cuaca sehingga nanti akan merapat ke Pelabuhan Bitung pada 22 September 2021.

"Kami informasikan mengenai update kedatangan kapal Pasific Guardian di Bitung yang saat ini terkendala kondisi arus, sehingga terjadi pemunduran dari jadwal sebelumnya," isi pesan Whatsapp petugas PT. Len Telekomunikasi Indonesia (LTI) yang diteruskan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Sitaro, Jacson Baginda, Selasa (21/9/2021).

Atas keterlambatan kedatangan kapal tersebut, maka jadwal perbaikan pun mengalami pemunduran.

Adapun perubahan waktu sebagaimana yang disampaikan PT. LTI, yakni perjalanan Lember-Bitung 14-22 September atau delapan hari.

Loading material di gudang Bitung 23-24 September, perjalanan Bitung-Siau selama satu hari dan pelaksanaan operasi restorasi mulai 25 September hingga 2 Oktober.

"Kami terus melakukan komunikasi dengan PT LTI terkait operasi perbaikan ini."

"Jadi setiap perkembangan informasi akan kami sampaikan kepada pihak-pihak terkait, termasuk rekan-rekan wartawan," ujar Baginda.

Pemunduran jadwal ini dibenarkan Kepala Divisi Operasi dan Pemeliharaan Jaringan PT. LTI, Ilham.

Menurut Ilham, saat ini kapal Pasific Guardian baru memasuki wilayah perairan Bitung setelah menepuh perjalanan dari Lember.

"Ya benar pak, ada sedikit keterlambatan makanya operasi restorasinya juga mundur dari jadwal sebelumnya," ungkapnya lewat sambungan telepon.

Halaman
12
Sumber: Tribun Manado
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved