Breaking News:

Bacaan Alkitab

Bacaan Alkitab Senin 20 September 2021, Yehezkiel 3:18 : Teguran yang Nyata dan Tegas

Sebab orang jahat, pasti akan dihukum mati atas pelanggaran dan dosanya. Tidak ada kompromi dengan kejahatan.

Editor: Aldi Ponge
internet
Ilustrasi renungan 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Amsal 27: 5 berbunyi, "lebih baik teguran yang nyata-nyata daripada kasih yang tersembunyi." Begitulah yang Allah kehendaki bagi Yehezkiel atas orang-orang Israel yang telah memberontak kepada Tuhan, Allahnya.

Sebagai penjaga kaum Israel, Yehezkiel harus menegur dan memperingatkan orang-orang Israel secara langsung serta nyata-nyata dalam segala kejahatannya. Sebab orang jahat, pasti akan dihukum mati atas pelanggaran dan dosanya. Tidak ada kompromi dengan kejahatan.

Allah bermaksud baik dengan mendatangkan pertolongan kepada umat-Nya. Yang penting mereka harus bertobat dari kejahatannya dan berbalik ke jalan yang benar.

Karena itu, Yehezkiel harus memperingatkan mereka dengan teguran yang nyata, demi keselamatan umat Israel dari hukuman mati akibat dosanya.

Sebab upah dosa ialah maut. Upah kejahatan adalah hukuman, yakni hukuman mati dari Allah sendiri.

Demikian firman Tuhan hari ini. "Kalau Aku berfirman kepada orang jahat: Engkau pasti dihukum mati! dan engkau tidak memperingatkan dia atau tidak berkata apa-apa untuk memperingatkan orang jahat itu dari hidupnya yang jahat, supaya ia tetap hidup," (ayat 18a)

Adalah tugas Yehezkiel untuk memperingatkan dan menegur dengan tegas orang-orang yang hidup dalam perbuatan jahat.

Apapun kejahatan yang dilakukan, dan siapapun pelaku kejahatan itu, harus ditegur dan diperingatkan dengan tegas, agar mereka bertobat dari segala dosa dan pelanggarannya.

Jika tidak bertobat, umat yang demikian akan menanggung akibat perbuatannya itu. Sebab mereka pasti dihukum mati. Dia akan mati dalam kejahatannya jika tidak mau berubah maupun bertobat.

Namun jika dia bertobat dari pelanggarannya, sudah tentu dia akan diampuni dan diselamatkan. Sehingga dia tidak akan dihukum mati karena pertobatannya itu.

Halaman
12
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved