Breaking News:

Berita Sitaro

70 CPNS Pemkab Sitaro Jalani Pelatihan Dasar Selama 18 Hari

Pelatihan Dasar atau Latsar menjadi hal wajib yang harus diikuti oleh setiap Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS)

Penulis: Octavian Hermanses | Editor: Chintya Rantung
Ist/Dinas Kominfo Sitaro
70 CPNS peserta latsar saat mengikuti pembukaan kegiatan di halaman Balai Pelatihan Teknik Pertanian Sulut. (Dinas Kominfo Sitaro) 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Pelatihan Dasar atau Latsar menjadi hal wajib yang harus diikuti oleh setiap Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) sebelum menyandang status sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Tahapan ini dilakukan dengan maksud mengembangkan kompetensi CPNS secara terintegritas dengan memadukan jalur pelatihan klasikal dengan nonklasikal serta kompetensi sosial kultur dengan kompetensi bidang.

Hal inilah yang kini dijalani 70 CPNS Pemerintah Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) tahun 2020 terhitung mulai Senin 20 September 2021.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Sitaro, Stengly Langi mengatakan, pelatihan dasar ini didasari sejumlah regulasi, seperti Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 Tentang ASN, Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010 Tentang Disiplin PNS serta beberapa ketentuan lainnya.

"Dalam kegiatan ini, kita menerapkan struktur kurikulum pelatihan dasar CPNS, yakni kurikulum pembentukan karakter PNS serta kurikulum penguatan kompetensi teknis bidang tugas," terang Langi melalui sambungan telepon, Senin (20/9/2021).

Latsar yang dilangsungkan di Balai Pelatihan Teknis Pertanian Provinsi Sulawesi Utara ini diikuti 70 orang CPNS, terdiri atas Golongan III sebanyak 61 orang dan Golongan II sembilan orang.

Jumlah ini, sambung Langi terdiri dari 37 orang Tenaga Teknis, lima orang Tenaga Pendidikan serta 28 orang Tenaga Kesehatan.

"Kegiatan ini akan berlangsung selama 18 hari kedepan dengan melibatkan tenaga pengajar atau widyaiswara dari Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah Sulawesi Utara," beber Langi sembari menyebut, Latsar ini terselenggara berkat kerjasama Pemkab Sitaro dan BPSDMD Sulut.

"Kita juga menerapkan protokol kesehatan secara ketat, mengingat situasi pandemi yang masih berlangsung sampai saat ini," timpal pejabat jebolan pendidikan STPDN itu.

Bupati Kepulauan Sitaro, Evangelian Sasingen yang membuka langsung jalannya Latsar ini berpesan agar seluruh peserta CPNS untuk mengikuti seluruh rangkaian pelatihan dengan baik untuk bekal dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab sebagai abdi negara.

Halaman
12
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved