Breaking News:

Berita Sulut

Ini Kata Pengamat Epidemiologi Soal Target Vaksinasi dan PPKM Level 3 di Sulut

Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara menargetkan akhir tahun 2021 semua warga sudah mencapai Herd Imunity atau telah divaksin covid-19.

Editor: Chintya Rantung
Tribunmanado.co.id/Fernando Lumowa
Warga menerima suntikan vaksinasi Covid-19 dalam Serbuan Vaksinasi Covid-19 yang digelar Korem 131/Santiago di kantor Camat Dimembe, Minut, belum lama ini. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara menargetkan akhir tahun 2021 semua warga sudah mencapai Herd Imunity atau telah divaksin covid-19.

Terkait hal ini, Pengamat epidemiologi Sulut Jonesius Manoppo mengatakan sebenarnya kalau capaian di Kota Manado sendiri sudah sampai 80% berarti target untuk herd immunity sudah tercapai.

"Namun untuk lebih amannya maka daerah satelit Manado seperti Minut, Bitung, Tomohon, Minahasa dan Minsel juga sebaiknya tidak jauh tertinggal 80 % populasi sudah cukup," jelas Manoppo kepada Tribun Manado.

Namun tentu, kata Manoppo, kita berharap agar setidaknya mendekati 100, sehingga lebih banyak yang bisa terlindungi dan kelompok rentan menjadi sangat kecil.

"Sehingga apabila terjadi kejadian luar biasa, fasilitas kesehatan bisa menampungnya dan tidak akan terjadi kolaps seperti pengalaman waktu lalu di beberapa daerah, untungnya tidak terjadi di Sulawesi Utara," terangnya.

Oleh karena itu, Manoppo mengatakan dengan jaminan tercapainya herd immunity kita bisa berangsur-angsur beraktifitas seperti normal,

"Aoan tetapi sampai kurva menjadi normal sekitar tahun depan kita tetap harus menggunakan masker, sering mencuci tangan dan menjaga jarak," sebut Manoppo

Selain itu, Manoppo menekankan, soal penerapan prokes saat PPKM level 3 dan 4 terus terang saja memang hal yang sangat sulit untuk diawasi.

"Mengapa? karena jangkauan terlalu luas, kita hanya berharap kelompok kerja atau satgas covid di masing-masing instansi memiliki integritas yang kuat dalam menerapkan disiplin prokes," bebernya.

Manoppo menyebut, hal itu pun apabila ditunjang oleh kesadaran masyarakat untuk patuh pada protokol kesehatan.

"Dengan kinerja pemerintah seperti saat ini, saya optimis kita bisa mencapai target tersebut, tentunya juga dibarengi dengan kesadaran masyarakat untuk divaksin," pungkas Dosen Epidemiologi dari Unima ini. (Mjr)

Baca juga: Jessica Lintang, Pelajar Asal Manado Mengaku Sekolah Tatap Muka Memberikan Pengaruh Belajar Efektif

Baca juga: Identitas Keempat Perampok Toko Emas di Pasar Simpang Limun, Ada yang Membahayakan

Baca juga: Gempa Bumi Tadi Malam Guncang Wilayah Barat, Info BMKG Lokasi dan Magnitudonya

Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved