Breaking News:

Berita Sitaro

Dinas Koperasi dan UKM Sulut Gelar Diklat Manajemen Pengelolaan Koperasi di Sitaro

Hari terakhir pelaksanaan diklat manajemen pengelolaan koperasi dihadiri langsung Kepala Dinas Koperasi dan UKM Sulawesi Utara, Ronald Sorongan.

Penulis: Octavian Hermanses | Editor: Rizali Posumah
tribunmanado.co.id/Octavian Hermanses
Kadis Koperasi dan UKM Sulut, Ronald Sorongan memberikan materi pada Diklar Manajemen Pengelolaan Koperasi di Sitaro. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Dinas Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UMKM) Sulawesi Utara gelar Pendidikan dan Pelatihan Manajemen Pengelolaan Koperasi di Kabupaten Siau Tagulandang Biaro (Sitaro).

Kegiatan yang bergulir sejak 14 hingga 17 September 2021 ini berlangsung di Aula Mebura Ulu Siau Kecamatan Siau Timur.

Hari terakhir pelaksanaan diklat manajemen pengelolaan koperasi ini dihadiri langsung Kepala Dinas Koperasi dan UKM Sulawesi Utara, Ronald Sorongan.

Kesempatan itu, Sorongan memaparkan materi tentang Koperasi dan UMKM sebagai roda penggerak ekonomi pedesaan.

Ia juga menjelaskan pentingnya penguatan manajemen pengelolaan koperasi.

"Koperasi seperti halnya organisasi yang lain membutuhkan manajemen yang baik agar tujuan koperasi tercapai dengan efisien," kata Sorongan, Kamis (16/9/2021).

Menurutnya, tujuan diadakannya pendidikan dan pelatihan ini untuk meningkatkan pengetahuan pengurus dalam mengelola koperasi sesuai dengan praktek bisnis yang sehat.

"Saat ini pemerintah memberi atensi besar terhadap keberadaan koperasi maupun usaha-usaha kecil menengah. Untuk itu, perlu dilakukan upaya dan langkah dalam memperkuat manajemen pengelolaan koperasi, khususnya di daerah-daerah," terang Sorongan.

Adapun materi yang diberikan dalam diklat tersebut, yakni kebijakan pemberdayaan KUMKM di daerah, manajemen pengoperasian, dan kebijakan akuntansi koperasi.

Kemudian ada juga materi tentang pengawasan internal koperasi, kewirakoperasian dan rencana tindak hingga strategi pengembangan usaha koperasi berbasis digital.

Halaman
123
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved