Breaking News:

Berita Sitaro

Camat, Lurah dan Kapitalau Harus Ambil Peran Dalam Percepatan Vaksinasi di Sitaro

Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) terus menggenjot program vaksinasi dalam rangka penanganan penyebaran Covid-19.

Penulis: Octavian Hermanses | Editor: Chintya Rantung
ist
Wakil Sekretaris Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Sitaro, Bob Wuaten. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) terus menggenjot program vaksinasi dalam rangka penanganan penyebaran Corona Virus Disease 2019 atau Covid-19.

Berbagai pihak pun diminta untuk mengambil peran dalam upaya percepatan vaksinasi tersebut guna pemenuhan kekebalan kelompok atau herd immunity.

Tak terkecuali para Camat, Lurah dan Kepala Desa (Kapitalau) di Kabupaten Sitaro yang diminta berperan aktif melakukan literasi dan edukasi bagi masyarakat terkait pentingnya vaksinasi bagi masyarakat di tengah pandemi Covid-19 saat ini.

Sebagaimana yang termuat dalam Surat Edaran Bupati Kepulauan Sitaro Nomor 64/SE/IX-2021 tertanggal 7 September 2021 tentang Antisipasi Penyebaran Covid-19 di Kabupaten Sitaro.

Dalam point 15 disebutkan, Pemerintah Kecamatan, Kelurahan dan Desa melaksanakan sosialisasi upaya percepatan vaksinasi untuk melindungi orang sebanyak mungkin sekakigus menurunkan laju penularan dengan mengutamakan keselamatan mereka yang rentan, semisal lansia dan orang yang memiliki penyakit bawaan.

Sedangkan di point 14 disebutkan, Camat, Lurah dan Kapitalau mengoptimalkan sosialisasi dan literasi untuk lebih mendisiplinkan semua pihak terhadap protokol kesehatan melalui Penerapan Peraturan Daerah Sulawesi Utara Nomor 1 Tahun 2021 tentang Penegakan Hukum Protokol Kesehatan sebagai upaya pencegahan dan pengendalian Covid-19.

"Sebagai pimpinan di wilayah, Camat, Lurah dan Kapitalau harus mengambil peran ini supaya upaya penanganan Covid-19, khususnya di Sitaro boleh berjalan optimal," kata Wakil Sekretaris Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kabupaten Sitaro, Bob Wuaten, Kamis (16/9/2021).

Menurut Wuaten, sejauh ini pemerintah daerah telah menggelontorkan anggaran untuk mendukung langkah-langkah Pemerintah Kecamatan, Kelurahan dan Kampung dalam menangani penyebaran virus corona.

"Tinggal bagaimana caranya agar upaya ini bisa berjalan maksimal di setia wilayah di Kabupaten Sitaro. Karena itu, sosialisasi dan literasi menjadi salah satu kunci utama untuk memberikan pemahaman bagi masyarakat terkait pentingnya protokol kesehatan dan vaksinasi," jelas Wuaten.

Tak hanya itu, Wuaten juga menyebut, perlunya monitoring dan pengawasan di tengah masyarakat oleh masing-masing kepala wilayah, sembari terus berkoordinasi dengan Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten terkait kendala-kendala yang dihadapi di lapangan.

"Nantinya kita bisa mencarikan solusi bersama, agar persoalan-persoalan terkait upaya penanggulangan Covid ini bisa berjalan maksimal," kuncinya. (HER)

GM PLN Suluttenggo Temui Wakil Gubernur Sulteng,Bahasa Progres Pembangunan Infrastruktur Kelistrikan

3 Pendaki Terjebak di Gunung Rakaposhi, Terserang Frostbite dan Penyakit Gunung, Begini Kondisinya

Sosok Taro Kono, Calon Terkuat Jadi Perdana Menteri Jepang, Dianggap Terlalu Muda

Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved