Breaking News:

Berita Bolmut

Buka Workshop KPSPAMS di Bolmut, Rachmat Pontoh: Ketersediaan Air Minum dan Sanitasi Perlu Diseriusi

Workshop Penguatan Kelembagaan KPSPAMS dan Pengukuhan Asosiasi "Togi Lipu" Kabupaten Bolmut, bertempat di Gedung Pohohimbungo Bapelitbang

Penulis: Majer Lumantow | Editor: Chintya Rantung
mejer lumantow/tribun manado
Workshop Penguatan Kelembagaan KPSPAMS dan Pengukuhan Asosiasi "Togi Lipu" Kabupaten Bolmut 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Bupati Bolaang Mongondow Utara Depri Pontoh diwakili oleh Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Rachmat Pontoh menghadiri sekaligus membuka Workshop Penguatan Kelembagaan KPSPAMS dan Pengukuhan Asosiasi "Togi Lipu" Kabupaten Bolmut, bertempat di Gedung Pohohimbungo Bapelitbang, Rabu (15/9/2021).

Dalam kesempatan tersebut, Asisten Pemerintahan Rachmat Pontoh mengatakan, sistem penyediaan air minum dan sanitasi merupakan instrumen penting yang perlu mendapat perhatian serius dalam pembangunan karena sudah merupakan kepentingan khalayak ramai dan kebutuhan dasar dalam kehidupan sehari-hari.

"Oleh karena itu, perlu pengelolaan yang profesional, tanggap, dan transparan," sebut Pontoh.

Sejalan dengan itu, dirinya mengatakan, Pemerintah Daerah telah berupaya membangun infrastruktur air minum maupun sanitasi baik melalui dana APBD maupun APBN, namun masih terbatas untuk memenuhi kebutuhan pembangunan air minum dan sanitasi yang semakin lama semakin meningkat.

"Sehingga beberapa program yang bersifat swadaya kemitraan diupayakan menjadi alternatif dalam pembiayaan," jelasnya.

Dikatakannya, sampai akhir tahun 2021 terdapat 41 kelompok pengelola SPAMS yang sudah dibentuk di wilayah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara.

Menurutnya, kelompok swadaya seperti ini selain dapat memberikan ruang bagi Desa untuk mendapatkan tambahan penghasilan, disisi lain memberikan kesempatan kepada pemerintah daerah untuk membiayai sektor infrastruktur yang lain.

Diharapkannya, asosiasi ini mampu menjamin keberlanjutan Sistem Penyediaan Air Minum dan Sanitasi dan memberikan manfaat yang lebih besar bagi masyarakat.

"Tentu melalui tata kelola yang baik di bidang Administrasi, Keuangan, Sumber Daya Manusia dan hal-hal bersifat teknis lainnya," pungkas Pontoh. (Mjr)

Tentang Bolmut

Halaman
12
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved