Breaking News:

Pencari Ikan di Kampung Tanaki Kaget Temukan Buaya

Untuk lebih memastikan bahwa itu buaya, ketiganya melemparinya dengan batu beberapa kali.

Penulis: Octavian Hermanses | Editor: Charles Komaling
tribunmanado.co.id/Octavian Hermanses
Pesisir pantai Kampung Tanaki menjadi titik awal pencarian diduga buaya oleh aparat pemerintah dan masyarakat. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Beberapa hari terakhir ini, masyarakat Kampung Tanaki Kecamatan Siau Barat Selatan (Sibarsel) Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) dihebohkan dengan kemunculan sosok yang diduga buaya.

Informasi yang diperoleh Tribunmanado.co.id menyebut, kabar terkait munculnya buaya ini pertama kali disampaikan tiga warga Kampung Tanaki yang melihat sosok buaya di pesisir pantai Sawang Buala Kampung Balirangeng Kecamatan Siau Timur Selatan, Kamis (9/9/2021) malam sekira pukul 10.00 Wita.

Saat itu, ketiganya, masing-masing, Jeferson Lumonang (55), Jemmi Mangalape (32) Arfan Damping (23) hendak mencari ikan sepanjang area pesisir pantai antara Kampung Tanaki dan Kampung Balirangeng. Dalam perjalanan menyusuri pantai, salah seorang dari ketiganya, yakni Jemmy Mangalape melihat sesuatu yang diduga buaya.

"Teman (Jemmy) bilang, ada buaya ini. Jadi saya bilang, jangan main-main. Tapi setelah mendekat, ternyata benar itu buaya," kata Jeferson Lumonang.

Untuk lebih memastikan bahwa itu buaya, ketiganya melemparinya dengan batu beberapa kali. "Waktu itu, kami melihat mulutnya terbuka lebar seperti mau menerkam," lanjutnya.

Mereka pun mencari sebatang bambu untuk memukul tubuh buaya tersebut. Tak menemukan bambu, ketiga nelayan ini memotong sebatang pohon dan mulai memukul tubuh buaya itu hingga sempat terlihat gerakan buaya yang berpindah posisi.

"Karena kami tidak mau mengambil risiko, maka kami memutuskan untuk pulang dan melaporkan apa yang kami lihat kepada pemerintah kampung," kata Lumonang.

Kabar tersebut seketika menyebar dan sempat menimbulkan kekuatiran di tengah masyarakat. Langkah cepat langsung diambil aparat Pemerintah Kampung Tanaki dengan memberikan himbauan kepada warga agar waspada dan tidak panik dengan adanya informasi keberadaan buaya tersebut.

"Ya benar, beberapa waktu lalu kami menerima laporan dari masyarakat yang menyebutkan bahwa mereka sempat melihat buaya di daerah pesisir pantai saat mencari ikan. Memang sempat muncul keresahan di masyarakat, tapi kami langsung memberikan imbauan agar warga tidak panik dan tetap waspada," ujar Kepala Urusan (Kaur) Pemerintahan Kampung Tanaki, Marthin Nagaring.

Diterangkan, sejauh ini pihaknya tidak pernah mendengar informasi terkait keberadaan buaya di kawasan pesisir pantai Kampung Tanaki. Namun demikian, kondisi daerah pesisir pantai Tanaki yang sebagian besar terdapat hutan bakau dan berawa kian menguatkan kemungkinan adanya hewan sejenis buaya.

Atas informasi tersebut, Naharing bilang, pihaknya bersama Bhabinkamtibas, Babinsa serta warga akan melakukan upaya pencarian terhadap sosok yang diduga buaya itu.

"Siang ini kami akan turun mencari keberadaan buaya tersebut," ujarnya. (*)

Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved