Breaking News:

Berita Sulut

Komentar Pengamat Politik Sulut Jika Olly Dondokambey Masuk Jajaran Kabinet Jokowi

Pengamat Politik Sulut Jefry Paat mengatakan kalau Olly Dondokambey masuk dalam Kabinet Jokowi itu akan mempengaruhi mekanisme politik di Sulut.

Editor: Rizali Posumah
Ist
Jefry Paat, dosen Fisip Universitas Sam Ratulangi Manado 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Gubernur Sulut, Olly Dondokambey dikabarkan akan kembali masuk dalam jajaran Menteri Kabinet Jokowi

Menanggapi hal tersebut, Pengamat Politik Sulut Jefry Paat mengatakan kalau Olly Dondokambey masuk dalam Kabinet Jokowi yang jelas itu akan mempengaruhi mekanisme politik di Sulut. 

Menurut Paat, ini jelas akan berpengaruh kuat, otomatis PDIP disini akan goyang. Artinya kekuatan PDIP di Sulut ini akan melemah jika Olly menjadi Menteri.

Hal ini, kata Paat, disebabkan karena sistem politik yang diberlakukan oleh PDIP di Sulut itu semacam sistem Paternalistik Politik, atau semuanya tergantung dari Olly Dondokambey sendiri.

"Artinya karena saat ini Olly masih memegang kuasa jadi pendukungnya di Sulut masih loyal, ketika sudah di Jakarta, pasti mereka akan berpikir buat apa lagi."

"dan ini akan menjadi kesempatan buat lawan politik "mencuri" pendukung di Pilgub nanti," jelas Paat kepada Tribun Manado 

Selain itu, Paat menyebut, jika Olly Dondokambey masuk dalam jajaran menteri, sudah tidak mungkin lagi mencalonkan diri sebagai Gubernur Sulut untuk periode ketiga ini.

Artinya dari persepsi masyarakat di Sulut mereka akan berpikir bahwa secara tidak langsung Olly sudah tidak pengaruh lagi di daerah. 

Baik dari segi kebijakan dan lain sebagainya, walaupun mungkin masih ada pendukung-pendukung atau basis PDIP.

"Apalagi ini akan menjadi peluang lawan lawan politik untuk mulai lebih gencar mempromosikan figur mereka di Pilgub Sulut," ungkap Paat 

Halaman
12
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved