Breaking News:

RHK Jumat 10 September 2021

RENUNGAN HARIAN KELUARGA Yudas 1:22-23 - Selamatkanlah Sesamamu

Keselamatan adalah anugrah Allah yang diberikan kepada manusia melalui pengorbaan Yesus Kristus di kayu salib.

Editor: Aswin_Lumintang
Tribun Manado/Indra Sudrajat
Membaca Alkitab 

Yudas 1:22-23
"Tunjukkanlah belas kasihan kepada mereka yang ragu-ragu,
selamatkanlah mereka dengan jalan merampas mereka dari api. Tetapi tunjukkanlah belas kasihan yang disertai ketakutan kepada orang-orang lain juga, dan bencilah pakaian mereka yang dicemarkan oleh keinginan-keinginan dosa."
---------------------------------------------

Ilustrasi bible
Ilustrasi bible (SHUTTERSTOCK)

TRIBUNMANADO.CO.ID - Keselamatan adalah anugrah Allah yang diberikan kepada manusia melalui pengorbaan Yesus Kristus di kayu salib. Kematian-Nya dan kebangkitan sebagai bukti Dia telah memenangkan kita dari kuasa dosa dan maut. Kita telah dimenangkan bagi-Nya maka kita pun harus memenangkan sesama bagi Tuhan.

Namun dalam kehidupan saat ini persaingan-persaingan yang terjadi justru kita saling mematikan satu dengan yang lain. Ini suatu kondisi yang sangat miris dan meyedihkan. Kita bukan saling menjaga dan menyelamatkan tapi saling membinasakan.

Fiman Tuhan saat ini, menasihati orang percaya untuk melayani orang lain dengan memberitakan Injil. Tunjukkan belas kasihan untuk memberi pengharapan kepada mereka yang ragu-ragu atas kebenaran Firman dan imannya kepada Tuhan. Selamatkan mereka! Orang beriman dinasehati agar berusaha membawa mereka yang tersesat ke jalan yang dikehendaki Allah.

Hal ini menunjuk kepada sesama yang sudah mengalami banyak penderitaan karena dosanya, dan sudah hampir masuk neraka. Karena itu digunakan kata-kata ‘menyelamatkan dengan menyentak dari api’. Ini mencakup beberapa hal: dari sudut kita sebagai pemberita Injil, tidak boleh ada keraguan ataupun penundaan dalam bertindak.

Kita harus berusaha dengan segala macam cara, asal tidak bertentangan dengan Firman Tuhan, untuk menyelamatkan mereka. Sebab kalau orang percaya bertumbuh dalam mengasihi Allah, maka ia juga akan semakin mengasihi orang-orang yang hidup di sekitarnya . Bisa saja orang mengasihi orang lain tanpa mengasihi Allah, tetapi mustahil seseorang tidak mengasihi orang lain kalau ia sungguh-sungguh mengasihi Allah. Sebab kasih Allah itulah yang akan mendorong orang percaya untuk berbuat sesuatu kepada orang-orang yang ada di sekitar hidupnya.

Keluarga kristen, kita sebagai orang-orang percaya yang menikmati berkat belas kasihan dari Kristus diharuskan untuk menunjukkan belas kasihan kepada orang lain. Sebagai orang tua kita harus mengajarkan kepada keluarga bahwa menolong orang itu adalah tindakan yang mulia. Menunjukkan belas kasih kepada mereka yang ragu-ragu, ketiadaan pengharapan dan yang menderita karena tekanan hidup, inilah bentuk-bentuk tindakan penyelamatan yang kita lakukan atas dasar iman. Tuhan Yesus telah menyelamatkan kita, maka tugas kitapun untuk menyelamatkan sesama dan alam sekitar. Amin.

DOA: Ya Tuhan, Penyelamat kehidupan, tolonglah kami untuk selalu menunjukkan belas kasih kepada sesama yang bergumul dan menderita. Pakai kami untuk menjadi agen selamat-Mu supaya semua orang bisa hidup dan menikmati keselamatan-Mu. Amin.

Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved