Breaking News:

Pemkab Sitaro Janji Segera Perbaiki Jalan Rusak di Kawahang dan Mulengen

Akses jalan di dua wilayah tersebut mengalami kerusakan setelah dilanda bencana alam beberapa waktu lalu.

Penulis: Octavian Hermanses | Editor: Charles Komaling
tribunmanado.co.id/Octavian Hermanses
Wakil Bupati Sitaro John Palandung. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) bakal memperbaiki akses jalan di Kampung Kawahang Kecamatan Siau Barat Utara (Sibarut) dan Kampung Mulengen Kecamatan Tagulandang.

Akses jalan di dua wilayah tersebut mengalami kerusakan setelah dilanda bencana alam beberapa waktu lalu. "Khusus jalan yang putus di Kampung Kawahang Kecamatan Sibarut, penanganannya akan segera dilaksanakan dalam waktu dekat," ungkap Wakil Bupati Kepulauan Sitaro, John Palandung saat menyampaikan tambahan penjelasan pemerintah daerah atas pandangan umum Fraksi Partai Golkar DPRD Sitaro terhadap pengajuan Ranperda Perubahan APBD tahun anggaran 2021, Kamis (9/9/2021) malam.

Menurut Palandung, perbaikan akses jalan ini baru bisa dilaksanakan karena anggaran pembangunannya tertata pada Perubahan APBD tahun 2021 yang ranperdanya sedang berproses di DPRD. "Dan dari hasil kajian perangkat daerah atau OPD teknis, mereka optimistis bisa menyelesaikan pekerjaan pembangunan jalan tersebut sebelum tahun anggaran 2021 berakhir," terang Palandung.

Begitu pulau dengan akses jalan di Kampung Mulengen Kecamatan Tagulandang yang mengalami kerusakan pada tiga titik akibat diterjang tanah longsor belum lama ini.

"Satu titik sudah ditangani dengan anggaran pada APBD induk, sementara dua titik lainnya akan diperbaiki dengan menggunakan anggaran yang tertata pada perubahan APBD 2021 ini," kata Palandung.

Terkait honorarium tenaga kesehatan sebagaimana disampaikan Juru Bicara sekaligus Ketua Fraksi, Shelfis Handri Pontoh, Palandung menerangkan bahwa secara umum honorarium para nakes di Kabupaten Sitaro telah dibayarkan, kecuali nakes di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tagulandang.

"Kami masih menunggu klaim resmi dari pihak Rumah Sakit yang anggarannya telah tertata dalam perubahan APBD 2021. Untuk TPP pegawai, eks Penjabat Bupati Kepulauan Sangihe itu memastikan bakal dibayarkan pada perubahan anggaran tahun 2021 ini. "Sebagian besar pegawai sudah dibayarkan TPPnya, tapi memang masih ada sebagian yang anggarannya kita tata pada perubahan APBD ini," ujar Palandung.

Sebelumnya, tiga fraksi di DPRD Sitaro menyampaikan pandangan umum mereka terhadap Ranperda Perubahan APBD 2021 yang diajukan pemerintah daerah. Secara garis besar, tiga fraksi di DPRD, masing-masing Fraksi PDI Perjuangan, Fraksi Partai Golkar dan Fraksi Partai Perindo menerima Ranperda Perubahan APBD 2021 itu untuk dibahas ke tahap selanjutnya. (*)

Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved