Breaking News:

Berita Bolmong

Pemkab Bolmong Fokus Kembangkan Produk Turunan Kelapa

Pengembangan produk turunan kelapa, menjadi salah satu fokus utama Pemkab Bolmong untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat

Penulis: Nielton Durado | Editor: Chintya Rantung
IST/Diskominfo Bolmong
FGD yang dilaksanakan oleh Bappeda Kabupaten Bоlmоng. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Pengembangan produk turunan kelapa, menjadi salah satu fokus utama Pemkab Bolmong untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat di wilayah tersebut.

Menurut Sekretaris Daerah Bolmong, Tahlis Gallang, pada kegiatan Focus Group Discussion (FGD) terkait laporan akhir penyusunan kajian pembangunan UMKM dan Home Industry (Industri Rumahan) sektor perkebunan.

Komoditi kelapa merupakan salah satu unggulan produk perkebunan di Bolmong.

"Namun pengelolaan agrobisnis kelapa yang dilakukan hingga saat ini, baru sampai pada tahapan pengolahan dari buah kelapa dalam bentuk kopra dan dilakukan dengan teknologi yang masih tradisional,” ucap Tahlis, Jumat (10/9/2021).

Sehingga, dikatakan Tahlis, kondisi ekonomi petani kelapa belum mengalami perubahan kearah yang lebih baik.

Upaya pemberdayaan UMKM dilakukan melalui pengembangan produk turunan kelapa.

"Optimalisasi pengelolaan SDA harus diselenggarakan, dikelola, dilindungi dan dimanfaatkan secara terencana, terbuka, profesional dan bertanggungjawab, sehingga mampu meningkatkan perekonomian rakyat,” ujarnya.

Dalam kegiatan yang digelar secara tatap muka dan virtual dan menghadirkan tenaga ahli dari Universitas Samratulangi (Unsrat) Manado yakni, ProfJeanne Paulus, Dr. Theodora M. Katiandagho, Dr. Gene. H. M. Kapantow, dan Dr. Grace A.J. Rumagit itu.

Tahlis juga menjelaskan pelaksanaan FGD tersebut merupakan tahapan akhir dari kajian tersebut.

Pasalnya, FGD ini sangat penting dalam rangka membangun sinergitas persepsi serta komitmen bersama untuk membangun kinerja yang inovatif, berdaya saing guna menciptakan kesejahteraan rakyat.

Halaman
12
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved