Breaking News:

Pertamina

Sulap Limbah Sisik Ikan Jadi Aksesoris Menarik, UMKM Binaan Pertamina Ini Raup Omzet Puluhan Juta

Tjahyani, seorang perempuan yang sudah menggeluti usaha kerajinan tangan yang memanfaatkan limbah sisik ikan menjadi beragam aksesoris

Editor: Chintya Rantung
Ist/Pertamina
Pemberdayaan Ibu-Ibu PKK dalam pembuatan aksesoris limbah sisik Ikan, UMKM Binaan Pertamina, Yanie Handicraft 

TRIBUNMANADO.CO.ID – Kota Manado terkenal dengan hasil laut yang berlimpah.

Tak disangka, kreativitas dari sosok wanita paruh baya ini mampu melihat potensi limbah sisik ikan untuk menjadi barang dengan nilai jual yang tinggi.

Ya, wanita tersebut adalah Tjahyani, seorang perempuan yang sudah menggeluti usaha kerajinan tangan yang memanfaatkan limbah sisik ikan menjadi beragam aksesoris cantik dan menarik.

Awalnya Tjahyani mencoba mengumpulkan limbah sisik ikan ini untuk membuat aksesoris yang dipakai oleh dirinya sendiri.

Tak disangka, banyak tetangga dan teman-temannya menaruh minat dan tertarik pada aksesoris yang dibuatnya itu.

Melihat respon positif, Tjahyani akhirnya memberanikan diri untuk serius menekuni usaha di bidang kerajinan tangan ini.

“Sejak tahun 2012, saya mulai menjalankan usaha kerajinan tangan ini yang saya beri nama Yanie Handicraft. Saya memilih usaha dengan mengolah limbah sisik ikan karena tertarik dengan sisik ikan, khususnya ikan kakap yang ukurannya besar, bentuknya yang bagus dan unik. Ternyata setelah diterapkan untuk dijadikan aksesoris ciri khas sisik ikannya ini menambah cantik khas aksesoris buatan saya,” terang Tjahyani.

Banyak sekali jenis aksesoris yang dibuat oleh Tjahyani, seperti kalung, cincin, anting, bros, gelang dan juga tusuk jilbab.

Diawal menjalankan usahanya, tentunya sebagai UMKM yang baru merintis, modal usaha menjadi salah satu kebutuhan utama Tjahyani untuk mengembangkan usahanya.

Pada tahun keduanya memulai usaha di tahun 2013, Tjahyani akhirnya memutuskan untuk bergabung menjadi Mitra Binaan Pertamina melalui program Kemitraan untuk menambah modal usaha serta ilmu dalam menjalankan bisnis.

Halaman
123
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved