Breaking News:

Berita Talaud

Lanjutan Kasus Korupsi Solar Cell Talaud, Negara Rugi Rp 1,7 M

Tersangka OP dan TW kembali mengikuti sidang praperadilan di Pengadilan Negeri (PN) Manado.

Editor: Chintya Rantung
andreas ruauw/tribun manado
Pengadilan Negeri (PN) Manado. 

TRIBUNMANADO CO.ID, Manado - Tersangka OP dan TW kembali mengikuti sidang praperadilan di Pengadilan Negeri (PN) Manado.

Keduanya merupakan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dan penyedia barang di Dinas Perdaganan dan Perindustrian Kabupaten Talaud.

Dan sebelumnya keduanya telah ditetapkan sebagai tersangka dan penahanan dalam kasus korupsi pengadaan lampu jalan tenaga surya.

Dalam sidang agenda putusan tersebut, Majelis Hakim Alfie Usup, menolak gugatan praperadilan yang diajukan OP dan TW terhadap Polda Sulut.

Direktur Reserse Kriminal Khusus (Dirkrimsus) Polda Sulut, Kombes Pol Michael Tamsil melalui Kanit Satu Subdit Tipikor AKP Edy Suyanto, menjelaskan kasus korupsi pengadaan lampu jalan tenaga surya.

Tindak korupsi dilakukan OP dan TW pada Dinas Perdaganan dan Perindustrian Kabupaten Talaud, Tahun Anggaran 2027-2018 dengan anggaran Rp 3,8 miliar.

"Hasil audit editor BPK RI, ditemukan indikasi kerugian negara, sebesar Rp1,7 miliar. Belum ada pihak yang beretikat baik mengembalikan kerugian negara," ucap Suyanto, Rabu (8/9/2021).

Ia melanjutkan, untuk berkas perkara kita sudah kirim ke Kejaksaan Tinggi (Kejati) dan sudah dinyatakan lengkap atau P21.

"Dalam waktu dekat ini akan diserahkan ke Jaksa Penuntut Umum Kejati," pungkasnya.

Sebelumnya Seorang pejabat asal Kabupaten Talaud berinisial TW telah di tahan Tim Penyidik Subdit III Tipikor Ditreskrimsus Polda Sulut.

Tersangka bekerja sebagai PNS di Pemkab Talaud yang diduga YBS sebagai Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) pengadaan lampu tenaga surya solar cell di Kabupaten Talaud periode 2017-2018.

Di mana dari hasil pemeriksaan dari nilai kontak kurang lebih Rp 3.818.700.000 dan telah dilakukan audit oleh pihak BPK dan ditemukan adanya kerugian keuangan negara, sehingga negara merugi sebanyak Rp 1.713.617.104

Baca juga: BREAKING NEWS 5 Warga Tewas di Tambang Ilegal Bakan Kabupaten Bolmong, Ini Identitasnya

Baca juga: Kebakaran Lapas Tangerang Jadi Perhatian Dunia, 41 Napi Tewas, Siapa yang Harus Bertanggung Jawab?

Baca juga: Sosok SBY, Mantan Presiden RI yang Sering Abadikan Cinta pada Mendiang Istri, Hari Ini Ulang Tahun

 

Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved