Breaking News:

Berita Politik

Amandemen UUD 1945 Tak Semata Memuluskan Agenda Politik Jangka Pendek

Wacana amandemen UUD 1945 diharapkan tidak sebatas untuk memuluskan agenda politik jangka pendek kelompok tertentu.

Penulis: Fernando_Lumowa | Editor: Chintya Rantung
Dok. DPD RI
FGD Kelompok Dewan Perwakilan Daerah MPR RI di Tangerang, Banten (08/09/2021) petang. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Wacana amandemen UUD 1945 diharapkan tidak sebatas untuk memuluskan agenda politik jangka pendek kelompok tertentu.

Bergulirnya rencana amandemen harus dibarengi dengan tujuan mulia penyempurnaan sistem pemerintahan dan konsolidasi demokrasi yang merepresentasikan institusionalisasi keterwakilan yang kuat.

Hal itu mencuat dari agenda Focus Group Discussion (FGD) Kelompok Dewan Perwakilan Daerah MPR RI di Tangerang, Banten (08/09/2021) petang.

FGD yang membatasi peserta yang terdiri dari 3 orang Anggota DPD RI/MPR RI dan Pakar/Ahli bidang politik dan hukum berlangsung menarik.

FGD berlangsung lebih dari 4 jam, peserta menyampaikan gagasan dan pendapat masing-masing.

Setelah dua jam, FGD istirahat sekitar 30 menit untuk mematuhi protokol kesehatan mencegah Covid-19.

Adapun 8 peserta FGD ialahTamsil Lirung (Anggota DPD RI/MPR RI); Stefanus BAN Liow (Anggota DPD RI/MPR RI); Aji Mirna (Anggota DPD RI/MPR RI) dan Prof Siti Zuhron (Peneliti LIPI).

Selanjutnya, Prof Hafid Abbas (Guru Besar UNJ/Mantan Ketua Komnas HAM); Dr Margarito Kamis (Pakar Hukum Tata Negara) Dr Ubedilah Badrun (Analisis Politik UNJ) dan Drs Wahidin (Komisi Kajian Ketatanegaraan MPR RI).

Ketua Kelompok DPD RI di MPR, Tamsil Linrung menegaskan, DPD RI menyambut terbuka wacana amandemen yang tengah bergulir.

Akan tetapi, perubahan UUD NRI 1945 harus menyeluruh. "Tidak parsial pada bagian-bagian tertentu saja," kata Tamsil Linrung kepada Tribunmanado.co.id, Kamis (09/09/2021).

DPD RI mendorong agar amandemen berimplikasi positif pada penguatan sistem demokrasi di Indonesia.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved