Breaking News:

Berita Sitaro

22 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Pemkab Sitaro Menanti Pelantikan

Bupati Kepulauan Sitaro, Evangelian Sasingen mengatakan, pelaksanaan rolling pejabat di lingkungan pemerintah daerah, khususnya di jajaran eselon II

Penulis: Octavian Hermanses | Editor: Chintya Rantung
Octavian Hermanses/Tribun manado
22 PPT Pratama bersama bupati, wabup dan panitia uji komoetensi usai mengikuti job fit beberapa waktu lalu. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Sejak Agustus 2021 lalu, Pemerintah kabupaten dan kota di Sulawesi Utara dimungkinkan untuk melakukan rolling pejabat.

Dalam pelaksanaanya, pemprov maupun pemkab dan pemkot diwajibkan untuk melaksanakan tahapan sebagaimana ketentuan yang berlaku, baik melalui mekanisme seleksi terbuka hingga uji kesesuaian atau job fit.

Hal ini pun berlaku di Pemerintah Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro).

Di mana sejak Juni 2021 lalu, pemerintah daerah melalui panitia pelaksana telah menggulirkan job fit kepada 22 Pejabat Pimpinan Tinggi (PPT) Pratama.

Dimulai dengan tahapan pendaftaran, pemberkasan, penyusunan makalah hingga tes wawancara oleh pihak panitia. Kini, 22 PPT Pratama yang telah mengikuti serangkaian pelaksanaan uji kesesuaian ini tinggal menunggu jalannya pelantikan.

Bupati Kepulauan Sitaro, Evangelian Sasingen mengatakan, pelaksanaan rolling pejabat di lingkungan pemerintah daerah, khususnya di jajaran eselon II menjadi hal penting mengingat terdapat beberapa Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama yang kosong.

"Ya betul, akan ada rolling karena memang ada beberapa OPD dari lalu sudah kosong dan masih dalam proses," beber bupati dihadapan sejumlah awak media belum lama ini.

Pelaksanaan rolling, kata Sasingen, akan merujuk pada hasil uji kompetensi kesesuaian yang diselenggarakan oleh panitia beberapa waktu lalu. Di mana pergeseran pejabat eselon II ini akan berbuntut pada perombakan posisi pejabat eselon III maupun eselon IV.

"Justru yang lebih diutamakan eselon II, tetapi yang namanya rolling pasti berdampak di bagian bawahnya. Jadi dalam rolling ini akan dilakukan sekalian," ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan, dalam rangka pengisian jabatan eselon II yang masih kosong, Sasingen bilang pihaknya bakal menggelar seleksi terbuka guna pengisian empat jabatan kosong.

Halaman
12
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved