Breaking News:

Berita Bitung

Tiga Pelajar SD di Bitung Ciptakan Mesin Cuci Tangan Tanpa Sentuh, Wakili Sulut Ditingkat Nasional

Tiga orang pelajar SD Katolik IV Don Bosco Bitung berinovasi dengan menciptakan mesin cuci tangan tanpa sentuh.

Editor: Chintya Rantung
christian wayongkere/tribun manado
Tiga siswa di Bitung mempraktekan cara kerja inovasi mereka mesin cuci tangan otomatis. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado – Kecil kecil cabe rawit. Kalimat ini pantas disematkan ketiga orang pelajar SD Katolik IV Don Bosco Bitung, atas inovasi menciptakan mesin cuci tangan tanpa sentuh.

Tiga orang siswa itu adalah Michelle Kalangi (10) siswi kelas VI, Calvin Tanos (10) siswa kelas VI dan Derren Wu (11) siswa kelas VI SD Katolik IV Don Bosco Bitung menciptakan mesin cuci tangan tanpa sentuh dalam Kuis Kihajar (Kita Harus Belajar) STEM (Science, Technology, Engineering, Math) 2021.

Kuis ini merupakan agenda rutin Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI diikuti para pelajar mulai dari tingkat SD/MI, SMP/MTs dan SMA/MA serta SMK/MAK di seluruh Indonesia.

Ketiganya akan mewakili provinsi Sulawesi Utara (Sulut) di tingkat nasional setelah melalui tahapan seleksi di tingkat provinsi Sulut.

Tribunmanado.co.id yang berksempatan melakukan wawancara sekaligus melihat langsung cara kerja, mesin cuci tangan tanpa sentuh.

Michelle, Calvin dan Derren dalam balutan seragam sekolah Putih Merah, nampak menguasai pengoperasian mesin cuci tangan tanpa sentuh.

“Jadi mereka sudah masuk ke fase final, yaitu presentasi mesin cuci tangan tanpa sentuh pada tanggal 13 – 17 September 2021 lewat zoom meeting,” tutur Sendy Fernando Lasut guru pembimbing.

Diketahui, mesin cuci tangan tanpa sentuh itu, di pasang pada mata krant air dan dihubungkan dengan listrik, untuk pemakaiannya.

Saat digunakan tangan cukup di letakkan pada bagian mata krant, dan air akan keluar dengan sendiri dan saat tangan menjauh dari mata krant air akan mati dengan otomatis.

“Dengan alat ini bisa mengurangi kontak langsung,” kata Derren Wu dengan polosnya.

Halaman
123
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved