Breaking News:

Berita Sitaro

Tahapan Pilkades Serentak di Kabupaten Sitaro Segera Bergulir

Pemerintah Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) bakal menggelar Pemilihan Kepala desa (Pilkades) secara serentak

Penulis: Octavian Hermanses | Editor: Chintya Rantung
Octavian Hermanses/Tribun manado
Kepala Bidang Kelembagaan dan Pemberdayaan Masyarakat, Rivan Sabanari. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) bakal menggelar Pemilihan Kepala desa (Pilkades) secara serentak diakhir tahun 2021 ini.

Langkah ini dilakukan menyusul akan berakhirnya masa jabatan 31 Kepala Desa (Kapitalau) hasil pemilihan tahun 2015 lalu.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Sitaro, Novryoz Takalamingan yang dikonfirmasi lewat Kepala Bidang Kelembagaan dan Pemberdayaan Masyarakat, Rivan Sabanari membenarkan rencana pelaksanaan pilkades serentak tersebut.

"Ya benar, saat ini kita sedang menunggu peraturan bupati terkait pemilihan kepala desa serentak yang tinggal menunggu untuk diundangkan," kata Sabanari, Rabu (8/9/2021).

Pasca diterbitkannya regulasi sebagai dasar pelaksanaan pesta demokrasi masyarakat desa ini, maka tahapan pelaksanaan akan segera bergulir.

Menurut Sabanari, sedikitnya terdapat lima tahapan yang terdiri dari beberapa program kegiatan yang akan dilaksanakan dalam rangka pilkades serentak ini.

"Mulai dari sosialisasi dan pembentukan panitia, pencalonan, pemutakhiran data pemilih, kampanye dan pemungutan suara," ujar Sabanari.

Untuk tahapan sosialisasi dan pembentukan panitia terdiri dari kegiatan sosialisasi bagi Majelis Tua Kampung (MTK) sebagai peserta pemilihan, pembentukan dan pengambilan sumpah panitia pemilihan oleh MTK, sosialisasi kepada masyarakat, bimbingan teknis bagi panitia pemilihan hingga pengumuman lowongan jabatan kepala desa.

"Memang untuk waktunya mengalami pergeseran, tapi untuk tahapan ini kemungkinan akan segera dilaksanakan di bulan ini," terang Sabanari.

Terkait tahapan pencalonan, ia menyebut kegiatan-kegiatan seperti penerimaan pendaftaran bakal calon, penutupan penerimaan pendaftaran bakal calon, kelengkapan dokumen persyaratan, pengumuman penetapan calon dan nomor urut hingga pencetakan dan pendistribusian surat suara akan bergulir pasca tahapan sosialisasi dan pembentukan panitia pelaksana.

Halaman
12
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved