Breaking News:

Pegawai Pengadilan Negeri Bitung Turun ke Jalan  

Spanduk berwarna dasar putih dipadukan dengan warna hijau dan merah, serta ada gambar telapat tangan dan logo pengadilan.

Penulis: Christian_Wayongkere | Editor: Charles Komaling
crz
Staf PN Bitung menggelar kampanye di depan kantor PN Bitung 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO – Suasana ruas jalan protokol DR Sam Ratulangi Bitung terpantau ramai dengan lalu Lalang kendaraan motor dan mobil, Selasa (7/9/2021).

Di saat bersamaan, tepat di depan kantor Pengadilan Negeri (PN) Bitung sejumlah orang yang memakai pakaian rapih seperti kemeja lengan panjang, jas safari dan celana kain turun ke tepi jalan.

Mereka membawa serta sebuah spanduk ukran 3x1 meter, bertuliskan ‘No Korupsi, Lihat, Lawan, Laporkan dan Tolak Gratifikasi’.

Spanduk berwarna dasar putih dipadukan dengan warna hijau dan merah, serta ada gambar telapat tangan dan logo pengadilan.

Spanduk dibentangkan oleh sekitar enam orang perempuan. Ternyata mereka adalah pimpinan dan jajaran kantor Pengadilan Negeri (PN) Bitung, melakukan kampanye dalam rangka pengadilan negeri Bitung tengah dalam penilaian zona integritas.

“Jadi menghadapi zona integritas, kami jajaran kantor pengadilan Negeri Bitung melakukan penataan kantor, juga melakukan kampanye seperti ini. Kampanye berisi materi No Korupsi Lihat, Lawan Laporkan dan Tolak Gratifikasi,” tutur Djainuddin Karanggusi Ketua PN Bitung saat diwawancarai Tribunmanado.co.id usai kegiatan Selasa (7/9/2021).

Selain melakukan kampanye untuk zona integritas, membagi masker pihaknya juga menempelkan stiker bertuliskan no korupsi dan no gratifikasi di kendaraan umum dan pick up.

Menurut Djainuddin Karanggusi SH MH, PN Bitung sebagai dan Pengadilan Agama di tahun ini tembus mewakili provinsi Sulawesi Utara untuk penilaian zona integritas.

Untuk itulah pihaknya meminta dukungan dari masyarakat untuk melakukan pemberantasan Korupsi, Kolusi, Nepotisme atau KKN dan tidak melakukan gratifikasi.

Selain melakukan kampanye tolak KKN dan gratifikasi pihaknya juga mengkampanyekan dan mensosialisasikan pola hidup, atau perilaku baru di tengah pandemic Covid 19.

Terkait sosialisasi perilaku baru di tengah pandemi, menurut Djainuddin pihaknya sudah mengatur dan menata tempat kantor agar meminimalisasi terjadi kontak dengan orang.
Mereka yang akan datang untuk pelayanan satu pintu di batasi untuk mengantisipasi penyebaran covid 19.

Pihaknya juga sudah menata areal kantor PN Bitung menjadi beberapa bagian, ada tempat untuk kantor PN Bitung, ruang sidang dan bagian pelayanan serta ada tempat tunggu.

“Selama pandemik ini, pihaknya cenderung lebih banyak melakukan sidang online. Untuk pemeriksaan saksi atau keterangan saksi kasus pidana dilakukan online, berdasarkan peraturan mahkamah agung. Begitu juga dengan sidang kasus-kasus perdata ada yang via aplikasi yang terkoneksi dengan kejaksaan dan polisi yang tidak bertemu langsung namun mengurangi kontak,” jelasnya. (*)

Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved