Breaking News:

Penanganan Covid

Peserta CPNS 2021 di Boltim Wajib Melakukan Tes PCR atau Antigen Sebelum Ujian SKD

Sebelum mengikuti SKD, CPNS Kabupaten Boltim, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), diwajibkan melakukan tes swab PCR atau tes antigen

Penulis: Rustaman Paputungan | Editor: David_Kusuma
Siti Nurjanah/Tribun Manado
Kepala BKPSDM Boltim Rezha Mamonto 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Sebelum mengikuti seleksi kompetensi dasar (SKD), calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2021 di Kabupaten Boltim, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), diwajibkan melakukan tes swab PCR atau tes antigen.

Demikian diungkapkan Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Boltim Rezha Mamonto, Senin (6/9/2021).

Rezha mengatakan hal ini sesuai surat edaran dari Badan Kepegawaian Nasional Pusat.

Dalam surat dengan nomor 7787/B-KS.04.01/SD/E/2021 itu, dinyatakan bahwa peserta wajib melakukan swab test RT PCR dalam kurun waktu maksimal 2x24 jam dengan hasil negatif sebelum mengikuti SKD. 

Pilihan lainnya, peserta harus menjalani rapid test antigen dalam kurun waktu maksimal 1x24 jam dengan hasil negatif sebelum mengikuti tes SKD. 

Menurut BKN, Persyaratan tersebut sesuai dengan Surat Rekomendasi Ketua Satgas (Satuan Tugas) Covid-19 Nomor: B-115/KA SATGAS/PD.01.02/8/2021 tanggal 21 Agustus 2021. 

Lebih lanjut Rezha menjelaskan, tes swab PCR atau antigen bagi peserta SKD tidak harus dilakukan di fasilitas kesehatan tertentu baik pemerintah atau swasta, tetapi harus bisa dipertanggungjawabkan. 

Baca juga: Terkait Dugaan Korupsi di Desa Pontodon Timur, Kejari Kotamabagu Tunggu Audit Inspektorat

"Untuk swab PCR atau swab antigen dimana saja bisa, baik fasilitas pemerintah atau swasta yang penting ditandatangani pihak berwenang dan hasil pemeriksaaan dapat dipertanggungjawabkan," jelas Rezha Mamonto

Sementara untuk jadwal pelaksanaan SKD CPNS 2021 dan PPPK, Rezha mengaku masih menunggu jadwal dari BKN dan kemudian akan diatur kembali oleh panitia seleksi daerah mulai dari waktu pelaksanaan, pembagian sesi dan persyaratan prosedur pelaksanaan SKD, sedangkan tempat pelaksanaanya di Sutan Raja Minahasa Utara. 

“Bagi peserta yang terkonfirmasi positif Covid-19 atau sedang menjalani isolasi mandiri, maka yang bersangkutan  harus melaporkan kepada panitia minimal H-1 sebelum jadwal pelaksanaan SKD dengan mengirimkan bukti hasil pemeriksaan,” imbuh Rezha.

Halaman
12
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved