Breaking News:

Berita Sulut

Harga Cabai Anjlok, Ini Penjelasan Kepala BPS Sulut

Sudah satu bulan lebih harga cabai atau yang lebih dikenal sebagai rica di Sulawesi Utara (Sulut) mengalami penurunan harga yang drastis.

Penulis: Isvara Savitri | Editor: Chintya Rantung
Isvara Savitri/Tribun Manado
Penjual cabai di pasar karombasan Manado 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Sudah satu bulan lebih harga cabai atau yang lebih dikenal sebagai rica di Sulawesi Utara (Sulut) mengalami penurunan harga yang drastis.

Tak tanggung-tanggung, cabai merah turun dari harga Rp 20 ribu menjadi Rp 15 ribu.

Padahal beberapa bulan lalu harga cabai merah pernah mencapai Rp 40 ribu per kilogram.

Penurunan harga yang drastis juga terjadi di cabai rawit dari Rp 80 ribu menjadi Rp 30 ribu per kilogram.

Menurut keterangan Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Sulut Asim Saputra, hal penurunan harga tersebut disebabkan saat ini Indonesia tengah berada di puncak musim panen.

"Pasokan cabai kita di Sulut sebagian besar berasal dari Jawa Timur, di sana sedang puncak panen cabai karena musim yang bersahabat sepanjang tahun," kata Asim ketika dihubungi Tribunmanado.co.id, Senin (6/9/2021).

Asim mengungkapkan perekonomian di Indonesia termasuk Sulut di masa pandemi virus corona (Covid-19) memang banyak tertolong dari hasil pertanian.

Bahkan Sulut sebagai daerah yang masyarakatnya penikmat cabai, cukup diuntungkan karena komoditas cabai menjadi salah satu penyumbang deflasi saat ini yaitu sekitar 0,15 persen.

Kabar pemerintah pusat yang mengimpor cabai menurut Asim hanya untuk industri makanan dan minuman, tidak untuk produksi lokal atau nasional.

"Adanya relaksasi pembatasan kegiatan masyarakat pada Triwulan II (April-Juni, -red) berdampak pada membaiknya sektor ekonomi termasuk industri pengolahan yang sudah mulai berjalan sejak Triwulan I. Hal ini tentu perlu ditopang bahan baku impor," tambah Asim.

Halaman
12
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved