Breaking News:

Berita Bolmong

Selain Beras, Bolmong Juga Punya Tanaman Porang Yang Dikembangkan Presiden Jokowi

Tanaman Porang kini tengah didorong oleh Presiden Jokowi sebagai salah satu komoditas unggulan di Indonesia.

Penulis: Nielton Durado | Editor: Rizali Posumah
Dinas Pertanian.
Di Desa Sauk, Kecamatan Lolak, Kabupaten Bolaang Mongondow, Sulawesi Utara, tanaman Porang telah dibudidayakan sejak tahun 2020. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado -- Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), memiliki potensi Sumber Daya Alam (SDA) yang sangat besar, termasuk di sektor pertanian.

Derah yang dikenal dengan lumbung beras di Provinsi Sulawesi Utara itu, ternyata dibeberapa tempat terdapat komoditas baru yang memiliki nilai ekonomis dan permintaan tinggi di pasar internasional

Yakni tanaman Porang, yang kini tengah didorong oleh Presiden Jokowi sebagai salah satu komoditas unggulan di Indonesia.

Di antaranya di Desa Sauk, Kecamatan Lolak. 

Tanaman ini dibudidayakan oleh masyarakat setempat sejak tahun 2020.

Beberapa waktu lalu Tim Kementrian Pertanian melalui Balai Karantina Pertanian Manado, juga telah berkunjung melihat langsung budidaya tanaman tersebut di lokasi perkebunan Desa Sauk.

“Tanaman porang menjadi salah satu komoditas di Provinsi Sulawesi Utara yang direncanakan untuk produk ekspor ke negeri Sakura, Jepang,” kata penanggungjawab Karantina Pertanian wilayah kerja Bandara Sam Ratulangi, Suhadi Laoh saat dihubungi Tribunmanado.co.id, Minggu (5/9/2021). 

Tanaman Porang ternyata banyak tumbuh di Desa Sauk, Kecamatan Lolak. 

Bahkan sebagian warga di desa tersebut sudah melakukan penjualan umbi porang sejak tahun lalu.

“Pembelinya dari Makasar, kurang lebih sejak bulan Oktober hingga Desember tahun 2020 ada sekira 30 ton umbi dan buah katak yang kami jual,” kata Muktar Gobel warga Desa Sauk.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved