Breaking News:

Bacaan Alkitab

Bacaan Alkitab Minggu 5 September 2021, Yudas 1:17 : Ingatlah, dan Jangan Lupa

Jadi, surat Yudas ditujukan secara khusus kepada kelompok murid-murid Yesus yang "terpanggil, dikasihi dan dipelihara." Jadi bukan "orang luar."

Editor: Aldi Ponge
Istimewa
Renungan Harian 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Penulis kitab Yudas, tentu bukan Yudas Iskariot. Tapi Yudas saudara Yakobus, hamba Tuhan Yesus Kristus.  

Diperkirakan dia juga adalah saudara Yesus. Alamat penulisan kitab ini adalah: "kepada mereka, yang terpanggil, yang dikasihi dalam Allah Bapa, dan yang dipelihara untuk Yesus Kristus."

Jadi, surat Yudas ditujukan secara khusus kepada kelompok murid-murid Yesus yang "terpanggil, dikasihi dan dipelihara." Jadi bukan "orang luar." Tapi kepada "orang dalam," yakni jemaat tertentu.

Mengapa Yudas menyurat demikian? Bahkan kesannya, tulisannya sangat tegas dan keras memperingatkan jemaat alamat surat itu! Karena di zaman jemaat mula-mula itu, muncul banyak penyesatan. Banyak rasul dan nabi palsu.

Mereka bagaikan "musang berbulu domba." Kelihatan seperti malaikat terang, padahal mereka adalah "iblis jadi-jadian" yang menipu dan menjerat jemaatnya.

Mereka mengaku sebagai hamba Allah tapi praktik hidupnya bertentangan dengam firman Tuhan dan menyesatkan jemaat agar tidak percaya bahwa Yesus adalah Tuhan.

Mereka melakukan berbagai tipu muslihat untuk menjerat jemaat agar menyimpang dari pengajaran para rasul Yesus tentang kebenaran Kristus sebagai Tuhan.

Itulah sebabnya, Yudas meminta jemaat agar tidak terjebak jeratan tipu muslihat "penjahat Kekristenan" itu.

Dia meminta jemaat agar jangan melupakan pengajaran oleh para rasul tentang Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat dunia.

Dia meminta jemaat jangan melupakan pengajaran para rasul Kristus. Sebab itulah kebenaran. Sedangkan ungkapan dari yang lain adalah "bualan kosong" berisi tipu muslihat iblis. Itulah yang harus selalu diingat jemaat.

Halaman
123
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved