Breaking News:

Berita Sangihe

Perpusnas RI Akan Bangun Perpustakaan Daerah Terbesar di Sangihe

Dalam pertemuan itu Jabes menyampaikan kondisi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kep. Sangihe yang telah mengalami transformasi.

Penulis: Fernando_Lumowa | Editor: Aldi Ponge
ISTIMEWA
Bupati Kep. Sangihe, Jabes E. Gaghana menemui Kepala Perpustakaan Nasional RI  (Perpusnas RI), Muhammad Syarif Bando. Jabes menyampaikan perkembangan Perpustakaan Daerah serta mengundang Bando untuk hadir dalam Sangihe Writers and Readers Festival ( SWRF ) 2021 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Perpustakaan  Nasional RI akan membangun Perpustakaan Daerah di Kabupaten Kepulauan Sangihe, Sulut.

Hal itu dipastikan dalam pertemuan Bupati Kep Sangihe, Jabes E Gaghana dengan  Kepala Perpustakaan Nasional RI  (Perpusnas RI), Muhammad Syarif Bando di Jakarta, Rabu 1 September 2021

Dalam pertemuan itu Jabes menyampaikan kondisi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kep. Sangihe yang telah mengalami transformasi.

Mulai dari fisik gedung kantor maupun gedung layanan Perpustakaan Umum Daerah yang semula adalah gedung tua eks Balai Pertemuan Umum (BPU) namun kini telah diperindah dengan lukisan-lukisan artistik mural  dan galeri karya seniman-seniman muda Sangihe.

Selain itu, Jabes mengatakan, pihaknya melakukan transformasi fungsional Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial yaitu dengan memberikan ruang aktualisasi kepada anak-anak muda Sangihe untuk mengekspresikan kreatifitas dan potensi mereka di bidang seni dan literasi.

Dampaknya,  menghasilkan berbagai event yang telah mengubah citra Perpustakaan Daerah sebagai tempat yang kurang diminati  menjadi tempat yang banyak menghasilkan karya dan memiliki daya tarik untuk dikunjungi serta diharapkan dapat meningkatkan minat baca  masyarakat.

Jabes menyampaikan harapan Pemkab dan masyarakat Kepulauan Sangihe untuk pembangunan gedung fasilitas Layanan Perpustakaan yang baru tanpa mengabaikan gedung yang lama.

"Pembangunan gedung baru perlu dilakukan untuk menambah fungsi gedung lama yang dinilai kurang memadai lagi seiring dengan banyaknya minat kegiatan yang dilakukan masyarakat pencinta seni dan literasi," jelas Jabes dalam keterangan tertulis ke Tribunmanado.co.id, Jumat (03/09/2021).

Bando mengapresiasi Pemkab Kep. Sangihe yang dinilai berhasil mengimplementasikan berbagai inovasi untuk mendorong minat baca guna peningkatan indeks literasi masyarakat.

Ia janji akan memperjuangkan usulan pembangunan gedung layanan perpustakaan ini yang anggarannya difasilitasi Perpustakaan Nasional RI melalui alokasi DAK fisik sub bidang perpustakaan Tahun Anggaran 2022.

Halaman
12
Sumber: Tribun Mataram
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved