Breaking News:

Berita Bolmut

Hadiri Rapat Paripurna DPRD, Bupati Bolmut Bahas Pembangunan Bidang Pendidikan dan Kesehatan

Bupati Bolmut Drs Hi Depri Pontoh menghadiri rapat Paripurna dalam rangka penyampaian rancangan

Penulis: Majer Lumantow | Editor: Chintya Rantung
mejer lumantow/Tribun Manado
Bupati Bolmut Depri Pontoh hadiri rapat Paripurna DPRD Bolmut penyampaian rancangan kebijakan umum APBD (KUA) serta prioritas dan plafon anggaran sementara (PPAS) tahun Anggaran 2022. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Bupati Bolmut Drs Hi Depri Pontoh menghadiri rapat Paripurna dalam rangka penyampaian rancangan kebijakan umum APBD (KUA) serta prioritas dan plafon anggaran sementara (PPAS) Tahun Anggaran 2022, bertempat di ruang sidang DPRD Kabupaten Bolmut, Kamis (2/8/2021).

Dalam kesempatan tersebut Bupati Bolmut menyampaikan Kebijakan anggaran (KUA) dan Prioritas dan plafon anggaran sementara (PPAS) kabupaten Bolmut tahun anggaran 2022, disusun dengan mengacu pada dokumen perencanaan pembangunan daerah, yaitu dokumen rencana pembangunan jangka panjang daerah (RPJPD) Kabupaten bolmut 2005-2025,

Perubahan rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) Kabupaten bolmut tahun 2018-2023 dan rencana kerja pemerintah daerah (RKPD) Kabupaten Bolmut tahun 2022.

"Dalam dokumen RKPD kabupaten Bolmut tahun 2022 tema pembangunan yang ditetapkan adalah melanjutkan Pembangunan Bidang Pendidikan, Kesehatan, Infrastruktur Dan Ekonomi untuk meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat," jelas Bupati Depri Pontoh.

Lanjut Bupati, tema ini dipilih dan ditetapkan untuk mewujudkan visi dan misi kepala daerah yang tertuang dalam perubahan RPJMD kabupaten Bolmut tahun 2018-2023.

Hal ini, kata Bupati, sebagaimana ketentuan peraturan menteri dalam negeri republik indonesia nomor 27 tahun 2021 tentang pedoman penyusunan anggaran pendapatan dan belanja daerah tahun anggaran 2022.

Disitu mengamanatkan bahwa sinkronisasi kebijakan pemerintah daerah dan pemerintah lebih lanjut dituangkan dalam rancangan kebijakan umum anggaran (KUA) dan prioritas dan plafon anggaran sementara (PPAS) yang disepakati bersama antara pemerintah daerah dan DPRD, sebagai dasar dalam penyusunan rancangan peraturan daerah tentang APBD tahun 2022.

"Hal ini pula telah disinergikan dengan arah kebijakan dan sasaran yang telah ditentukan oleh pemerintah pusat dan juga pemerintah provinsi sulawesi utara," papar Bupati.

Kemudian, terkait penyusunan rancangan kebijakan umum anggaran (KUA) Dan Prioritas dan plafon anggaran sementara (PPAS) serta rancangan APBD tahun 2022 sudah wajib menggunakan klasifikasi, kodefikasi, dan nomenklatur perencanaan pembagunana dan keuangan daerah sesuai dengan permendagri nomor 90 tahun 2019.

"Dimana hal ini dilaksanakan secara elektronik melalui sistem informasi pemerintah daerah (SIPD) sesuai permendagri nomor 70 tahun 2019 tentang sistem informasi pemerintah daerah," pungkas Bupati Bolmut.

Halaman
12
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved