Breaking News:

Berita Tomohon

Penduduk Sudah di Atas 100 Ribu, Jumlah Kursi DPRD Tomohon Berpotensi Bertambah

Kota Tomohon berpeluang ketambahan jumlah kursi legislatif atau DPRD. Sebelumnya 20 kursi menjadi 25 kursi

Penulis: Hesly Marentek | Editor: David_Kusuma
Humas Pemkot Tomohon
KPU Tomohon beraudiensi bersama┬áPemerintah Kota Tomohon 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Kota Tomohon berpeluang ketambahan jumlah kursi legislatif atau DPRD. Sebelumnya 20 kursi menjadi 25 kursi.

Hal ini sebagaimana disampaikan Ketua KPU Tomohon Harryanto Lasut, usai audiensi bersama Pemerintah Kota Tomohon, yang diterima langsung Wali Kota Caroll Senduk di ruang kerjannya, Selasa (31/8/2021).

"Bisa saja bertambah jumlah kursi DPRD untuk pileg selanjutnya," katanya saat diwawancarai tribunmanado.co.id.

Lebih lanjut, menurut Lasut, dalam pertemuan KPU bersama Pemkot Tomohon yaitu membahas persiapan soal perubahan-perubahan yang terjadi.

Terutama jumlah penduduk apakah sudah di atas 100 ribu, karena itu nantinya akan berpengaruh.

"Kami dapat informasi tadi, bahwa jumlah penduduk Kota sudah diatas 100 ribu. Karena sesuai aturan bahwa jika penduduk diatas 100 ribu tentu jumlah kursi bertambah menjadi 25. Kalau sudah real dan tidak beribah, ada potensi ketabahan kursi," terangnya.

Namun demikian, KPU sendiri masih menunggu DAK dari kementrian untuk diserahkan ke KPU RI. Lalu dari KPU RI menyampaikan ke KPU tomohon.

"Kita tunggu secara resmi. Karena data base kependudukan akan diserahkan ke KPU RI. Tinggal dilihat penyampaian nanti, apakah Kota Tomohon sudah memenuhi syarat untuk 25 kursi," jelas Lasut.

Baca juga: Pelaku UMKM di Bolmong Ikuti Sosialisasi Bimtek dari DPM PTSP

Adapun turut dibahas rangkaian Persiapan Pelaksanaan Pemilu serantak tahun 2024, di antaranya terkait mempetahankan jumlah partisipasi pemilih.

"Tomohon menjadi daerah yang tingkat partisipasi pemilih begitu tinggi. Jadi itu PR kita dan Pemerintah Kota Tomohon untuk mempertahankan capaian tersebut," sebutnya seraya menambahkan KPU dan Pemkot Tomohon sudah ada kerja sama beberapa waktu lalu.

"Caranya tentu dengan mensosialisasikan pendidikan demokrasi dan pentingnya partisipasi masyarakat. Kan kita sudah MoU dengan Pemkot terkait pembentukan kelurahan peduli Pemilu," tandasnya.

Dalam pertemuan ini turut hadir Komisioner KPU lainnya Robby Golioth dan Albertien Grace Vierna Pijoh. Serta dari Sekretaris Kota Tomohon Edwin Roring. (hem)

Baca juga: Sosok Kompol Agnes Turambi yang Kini Wakapolres Tomohon, Displin Jadi Kunci Suksesnya Dalam Berkarir

Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved