Breaking News:

Berita Minahasa

Bantu Penyelamatan Danau Tondano, Bupati Minahasa Apresiasi Pangdam XIII/Merdeka

Bupati Minahasa Royke Octavian Roring menghadiri upacara Pembukaan Pemeliharaan dan Pembersihan Danau Tondano di Kelurahan Tounsaru Kecamatan Tondano

Editor: Chintya Rantung
IST
Foto bersama usai upacara pembukaan pemeliharaan dan Pembersihan Danau Tondano di Kelurahan Tounsaru Kecamatan Tondano Selatan 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Bupati Minahasa Royke Octavian Roring menghadiri upacara Pembukaan Pemeliharaan dan Pembersihan Danau Tondano di Kelurahan Tounsaru Kecamatan Tondano Selatan dengan Inspektur Upacara, Pangdam XIII/Merdeka, Mayjen Waraney W F Mamahit, Senin (30/8/2021).

Dalam sambutannya Pangdam yang hadir dengan didampingi Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Daerah Merdeka, Yanti Mamahit mengatakan Revitalisasi Danau Tondano yang merupakan kerjasama Kementerian PUPR dalam hal ini Balai Wilayah Sungai Sulawesi I dan TNI AD dakam hal ini Kodam XIII/Merdeka.

Hal itu kata Mamahit butuh komitmen semua pemangku kepentingan termasuk partisipasi masyarakat yang sangat krusial.

Kegiatan pembersihan dan pemeliharaan dilakukan baik secara fisik yakni dengan mengangkat eceng gondok di areal seluas 320 ha dan pengangkatan sedimen serta non fisik berupa sosialisasi kepada masyarakat manfaat pemeliharaan, bakti sosial dan vaksinasi Covid-19 yang akan berlangsung hingga Bulan Desember mendatang.

Sementara itu Bupati Royke Roring baik dalam sambutannya sesudah upacara maupun pada sesi wawancara dengan sejumlah wartawan menyampaikan apresiasi kepada Kementerian PUPR dan Kodam XIII/Merdeka yang ditopang penuh oleh Pemerintah Provinsi dalam hal ini Gubernur dan Wakil Gubernur sudah memprogramkan kegiatan tersebut.

“Karena di Danau Tondano ini ada program Kementerian PUPR, ada dari pemerintah provinsi dan dari kami pemerintah kabupaten jadi kita bersinergi karena tanpa sinergi kita tidak akan mampu,” katanya sembari berharap dengan sinergitas ini harapan untuk membersihkan dan melestarikan Danau Tondano akan terwujud.

Ditambahkan Bupati Royke Roring, para camat yang wilayahnya di pinggiran Danau Tondano agar memotivasi rakyat untuk ikut melestarikan danau yang dikatakan sebagai sumber hajat hidup rakyat Minahasa tapi juga Sulawesi Utara.

Sesudah pembukaan Pangdan bersama Bupati Minahasa serta sejumlah pejabat terkait melakukan peninjauan langsung ke danau Tondano.

Turut hadir pada kegiatan tersebut Kasdam XIII/Merdeka, Brigjen Wirana Prasetya Budi SE, Irdam XIII/Merdeka, Brigjen Junior Tumilaar SIP MM dan para pejabat Kodam XIII/Merdeka, Plt Kepala BWSS I, Jackelin Tahar SH, perwakilan Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara, Dandim 1302, Letkol Andi Sinaga, Kapolres Minahasa, AKBP Tommy Souissa, Asisten II Sekkab Minahasa, Ir Wenny Talumewo, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Drs Vicky Kaloh, Kepala Dinas PUPR, Teddy Lumintang ST, Kabag Prokopim, Johnny Tendean AP MAP dan tujuh camat di seputaran Danau Tondano.

Baca juga: KPK Jerat 22 Orang, Bupati Probolinggo dan Suaminya Jadi Tersangka Kasus Jual Beli Jabatan

Baca juga: Masih Ingat Andika Eks Kangen Band? Kabar Terbaru Babang Tamvan Siap Menikah untuk yang ke-5 Kali

Baca juga: Nakes RSUP Kandouw Lepas Kepergian dr Reggy Lefrandt: Digiring dengan Doa

Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved