Breaking News:

RHK Senin 30 Agustus 2021

RENUNGAN HARIAN KELUARGA 2 Raja-Raja 2:2-6 - Kesetiaan Pada Pemimpin

Regenerasi dalam pelayanan merupakan tindakan yang biasa terjadi dalam suatu organisasi.Sebab tidak selamanya seorang pemimpin

Editor: Aswin_Lumintang
internet
Ilustrasi Renungan 

2 Raja-Raja 2:2-6
"Berkatalah Elia kepada Elisa: "Baiklah tinggal di sini, sebab TUHAN menyuruh aku ke Betel." Tetapi Elisa menjawab: "Demi TUHAN yang hidup dan demi hidupmu sendiri, sesungguhnya aku tidak akan meninggalkan engkau." Lalu pergilah mereka ke Betel.

Pada waktu itu keluarlah rombongan nabi yang ada di Betel mendapatkan Elisa, lalu berkatalah mereka kepadanya: "Sudahkah engkau tahu, bahwa pada hari ini tuanmu akan diambil dari padamu oleh TUHAN terangkat ke sorga?" Jawabnya: "Aku juga tahu, diamlah!"

Berkatalah Elia kepadanya: "Hai Elisa, baiklah tinggal di sini, sebab TUHAN menyuruh aku ke Yerikho." Tetapi jawabnya: "Demi TUHAN yang hidup dan demi hidupmu sendiri, sesungguhnya aku tidak akan meninggalkan engkau." Lalu sampailah mereka di Yerikho.

Pada waktu itu mendekatlah rombongan nabi yang ada di Yerikho kepada Elisa serta berkata kepadanya: "Sudahkah engkau tahu, bahwa pada hari ini tuanmu akan diambil dari padamu oleh TUHAN terangkat ke sorga?" Jawabnya: "Aku juga tahu, diamlah!"

Berkatalah Elia kepadanya: "Baiklah tinggal di sini, sebab TUHAN menyuruh aku ke sungai Yordan." Jawabnya: "Demi TUHAN yang hidup dan demi hidupmu sendiri, sesungguhnya aku tidak akan meninggalkan engkau." Lalu berjalanlah keduanya."
---------------------------------------------

Ilustrasi renungan
Ilustrasi renungan (internet)

TRIBUNMANADO.CO.ID - Regenerasi dalam pelayanan merupakan tindakan yang biasa terjadi dalam suatu organisasi.

Sebab tidak selamanya seorang pemimpin akan menjabat dan melaksanakan tugas-tugas yang dipercayakan padanya terus menerus karena sebagai manusia, pemimpin itu punya keterbatasan baik kemampuan fisik, daya ingat, penglihatan dan sebagainya.

Jadi regenerasi kepemimpinan yang melayani dari seorang pemimpin kepada pemimpin yang baru itu merupakan hal yang wajar oleh sebab itu perlu dipersiapkan dengan baik termasuk uji kesetiaan pada pelayanan.

Firman Tuhan hari ini memperlihatkan sikap komitmen Elisa yang tetap setia, loyal pada Elia sebagai pendahulunya, yang memimpinnya, membimbing dalam pelayanan sebagai nabi Allah. Sikapnya itu nampak jelas dari jawabannya yang berulang-ulang dan tidak berubah ketika dianjurkan oleh Elia untuk tinggal di tempat yaitu:

“Demi Tuhan yang hidup dan demi hidupmu sendiri, sesungguhnya aku tidak akan meninggalkan engkau.” Jawaban ini disampaikan Elisa, ketika Elia akan pergi ke Gilgal, Betel dan Yerikho. Inilah kesetiaan yang tidak pernah berubah dari Elisa kepada Elia dimanapun mereka pergi dan berada, dalam situasi serta keadaan apapun yang terjadi. Elisa benar-benar tidak akan berubah setia pada Elia, demi Tuhan yang hidup dan demi Elia.

Bahkan kepada para nabi yang menyampaikan berita tentang Elia, Elisa selalu menghakhiri jawabannya dengan ungkapan: “diamlah”; ungkapan ini sebagai bentuk penegasan akan sikapnya kepada Elia yang tidak akan berubah. Pernyataan sikap dan tindakan kesetiaan ini sangat dibutuhkan dalam melaksanakan tugas bersama.

Sebagai keluarga Kristen kita patut belajar dari kesetiaan Elisa kepada Elia. Ia dalam mengambil sikap selalu memperhatikan dan memikirkan kehendak Allah bagi hidup Elia sebagai pemimpinnya. Ia tidak mau menghancurkan pelayanan kenabian Elia, ia sangat menghormati dan melindunginya di segala tempat dan situasi. Elia pun sebagai seorang pemimpin sangat menghormati sikap setia yang diperlihatkan Elisa kepadanya. Kesetiaan seseorang kepada kita perlu kita beri apresiasi karena mereka telah menunjukan apa yang menjadi kehendak Allah bagi para pemimpin. Amin.

DOA: Bapa kami yang di Sorga, kami sujud menyembah-Mu, karena Engkau telah memberi teladan yang baik melalui kisah Elisa dan Elia. Biarlah kami juga akan selalu setia pada para pemimpin kami dalam Tuhan. Amin

Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved