Breaking News:

Berita Mitra

Bedah Persoalan di Kabupaten Mitra, Bupati Tuntaskan Ujian Tesis di UTA'45 Jakarta

“Diskresi Bupati dalam Pengangkatan Penjabat Hukum Tua di Kabupaten Minahasa Tenggara dalam Perspektif Negara Hukum Kesejahteraan”.

Penulis: Kharisma Kurama | Editor: Rizali Posumah
Bedah Persoalan di Kabupaten Mitra, Bupati Tuntaskan Ujian Tesis di UTA'45 Jakarta
Dokumentasi James Sumendap
Bupati Mitra James Sumendap saat ujian tesis di Pasca Sarjana Universitas 17 Agustus 1945 (UTA’45 Jakarta) pada  Program Studi Megister Ilmu Hukum.

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Semangat untuk terus belajar dan berkembang ditunjukkan James Sumendap.

Konsistensi itu ia tunjukkan dengan berhasil menyelesaikan ujian tesis di Pasca Sarjana Universitas 17 Agustus 1945 (UTA’45 Jakarta) pada  Program Studi Megister Ilmu Hukum.

Tak hanya itu, predikat sangat memuaskan pun disabet Bupati Minahasa Tengara (Mitra) ini.

Sumendap mengungkapkan, ujian tesis mengambil judul “Diskresi Bupati dalam Pengangkatan Penjabat Hukum Tua di Kabupaten Minahasa Tenggara dalam Perspektif Negara Hukum Kesejahteraan”.

Menurutnya, judul tesis ini berangkat dari kapasitasnya sebagai Bupati atau Kepala Daerah Kabupaten Mitra dalam menjalankan tugas sesuai asas Desentralisasi dan Otonomi Daerah.

Menurutnya, diskresi tentang pemilihan Hukum Tua atau Kepala Desa di Kabupaten Mitra ditujukan semata-mata untuk memperbesar manfaat (doelmatigheid).

"Daripada sekedar memenuhi kepastian hukum (rechmatigheid) yang tidak menjamin pemenuhan Negara Hukum Kesejahteraan," terang dia.

Konsep Negara Hukum Kesejahteraan adalah menempatkan pemerintah khususnya bupati untuk memastikan terselenggaranya kepentingan umum bagi masyarakat desa di Kabupaten Mitra.

“Judul dalam tesis ini merupakan situasi nyata di Minahasa Tenggara," ujad dia.

Di mana, kata dia, kepemimpinan seorang bupati bukan hanya mengelola, menjaga dan meningkatkan kinerja birokrasi Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) saja.

Halaman
123
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved