Breaking News:

Berita Mitra

DAK 2021 Terancam Tak Cair, Sekda Warning 8 SKPD di Mitra

DAK tahun anggaran 2021 di Kabupaten Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara terancam tidak bisa dicairkan

Penulis: Kharisma Kurama | Editor: Chintya Rantung
ist
Sekda Minahasa Tenggara David Lalandos saat melakukan pertemuan dengan sejumlah SKPD di Mitra 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun anggaran 2021 di Kabupaten Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara terancam tidak bisa dicairkan dikarenakan belum tuntasnya pelaporan kontrak kegiatan.

Sekretaris Daerah (Sekda) Minahasa Tenggara David Lalandos langsung memberikan ultimatum kepada delapan dinas pengelola DAK untuk segera menyelesaikan pelaporan sebelum tanggal 31 Agustus.

Kedelapan dinas yang menjadi pengelola DAK fisik yakni Dinas Pendidikan, Dinas Kearsipan, Dinas Kesehatan, Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Kelautan, Dinas Perindustrian Perdagangan UMKM.

"Kementerian Keuangan sudah memberikan deadline sampai 31 Agustus, dari sebelumnya akhir Juli," kata Sekretaris Daerah (Sekda) Minahasa Tenggara David Lalandos di Ratahan.

Dia memerintahkan delapan dinas yang mendapatkan alokasi dana tersebut, segera melakukan pelaporan kegiatan di aplikasi yang telah disiapkan.

"Kesepakatan kontraknya segera dilaporkan. Jangan sampai terlambat, karena ini akan mempengaruhi besaran anggaran yang direalisasikan," jelasnya.

David menegaskan, pelaporan realisasi tersebut wajib diselesaikan sebelum batas akhir yang sudah disampaikan pemerintah pusat.

"Saya sudah peringatkan untuk serius, jangan daerah dirugikan karena kelalaian sendiri," tegasnya.

Tentang Mitra

Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) adalah salah satu Kabupaten di antara 15 Kabupaten/Kota (11 Kabupaten dan 4 Kota) yang ada di Provinsi Sulawesi Utara, Indonesia.

Ibu kota Kabupaten Minahasa Tenggara adalah Ratahan, berjarak sekitar 80 km dari Manado, ibu kota Provinsi Sulawesi Utara.

Kabupaten Minahasa Tenggara memiliki 12 kecamatan, 9 kelurahan dan 135 desa (dari total 171 kecamatan, 332 kelurahan dan 1.507 desa di seluruh Sulawesi Utara).

Luas wilayah Minahasa Tenggara adalah 710,83 km². 

Saat ini Kabupaten Minahasa Tenggara dipimpin Bupati Mitra James Sumendap dan Wakil Bupati Jesaja Jocke Legi.

Baca juga: Kecelakaan Maut Pukul 21.20 WIB, 3 Orang Tewas, Motor Korban Ditabrak Truk hingga Tersisa Rangka

Baca juga: Apa Itu ISIS-K? Peneror Bom di Bandara Kabul Afghanistan, Musuh Besar Taliban

Baca juga: Namanya Trending di Twitter, Zahra Nur Khaulah Dikeluarkan dari JKT48 Gara-gara Foto Mesra

 

 

Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved