Breaking News:

28 ASN Pemkab Minsel Jalani Uji Kompetensi Jabatan Eselon II

Ini sudah bagian dari seleksi pejabat jelang rolling jabatan. Setelah hasilnya ada, kami akan serahkan kepada Bupati

Penulis: Rul Mantik | Editor: Charles Komaling
Tribun manado / Andrew Pattymahu
Sekda Minsel Denny Kaawoan 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Proses roling pejabat eselon II di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Selatan (Minsel), Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), dimulai.

Salah satunya pelaksanaan uji kompetensi khusus pejabat eselon II. Uji kompetensi dilaksanakan Pemkab Minsel pada Kamis (26/8/2021).

Sebanyak 28 pejabat eselon II diundang untuk melaksanakan uji kompetensi yang dilaksanakan di aula Waleta, kawasan Kantor Bupati Minsel.

Sesuai jadwal, uji kompetensi akan dilaksanakan pada pukul 08.00 Wita. Namun pelaksanaan kegiatan diundur pada pukul 12.00 Wita.

Sekretaris Daerah (Sekda) Minsel, Denny Kaawoan, serta beberapa anggota Panitia Seleksi (Pansel), hadir dalam uji kompetensi pejabat.

Menurut Sekda Minsel, Denny Kaawoan, uji kompetensi ini dilakukan untuk menilai keahlian dan kemampuan pejabat Pemkab Minsel.

"Namanya uji kompetensi. Di sini kita akan menilai kemampuan seorang pejabat, sebelum dia ditempatkan di jabatan yang sesuai dengan keahlian dan kemampuannya," kata Denny Kaawoan.

Dikatakannya pula, uji kompetensi adalah bagian dari rencana penyegaran jabatan yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini.

"Ini sudah bagian dari seleksi pejabat jelang rolling jabatan. Setelah hasilnya ada, kami akan serahkan kepada Bupati," terang Ketua Badan Pertimbangan Kepangkatan dan Jabatan (Beperjakat) itu.

Pada rolling nanti, ada 7 jabatan lowong yang akan diisi. Ketujuh jabatan lowong itu di antaranya, Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Pariwisata, Dinas Ketahanan Pangan dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah.

Dari pantauan wartawan Tribun Manado, semua pejabat yang ikut uji kompetensi mengenakan kemeja lengan panjang putih dan celana panjang hitam.

Masker dan dasi yang digunakan, mayoritas berwarna merah. Suasana uji kompetensi yang digelar di ruang terbuka itu mengundang perhatian orang banyak. Tak sedikit masyarakat dan juga Aparatur Sipil Negara (ASN) yang ikut menonton uji kompetensi.

Uji kompetensi ini memantik tanggapan bergam masyarakat. Ada yang memuji namun ada juga yang pesimis.

"Bagus kalau ASN yang akan diangkat jadi pejabat ikut uji kompetensi. Sebab kualitas mereka akan terukur sebelum dipercayakan menjadi pejabat," kata Jerry Lumenta, aktivis pemerhati pemerintahan di Kabupaten Minsel. (*)

Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved