Breaking News:

Berita Talaud

Pasukan TNI Lanal Melonguane Gelar Ekspedisi Merah Putih, Keliling Semua Pulau Kecil di Talaud

Letkol Marinir Adi Sucipto Hanla Komandan Lanal Melonguane akan menyelenggarakan Ekspedisi Merah Putih.

Penulis: Ivent Mamentiwalo | Editor: Chintya Rantung
IST
Ekspedisi Merah Putih TNI Lanal Melonguane Kabupaten Talaud 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Dalam peringatan HUT Ke-76 Kemerdekaan Indonesia dan Hari Maritim Nasional.

Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Melonguane Letkol Marinir Adi Sucipto Hanla akan menyelenggarakan Ekspedisi Merah Putih.

Letkol Marinir Adi menjelaskan kegiatan tersebut adalah pelayaran dengan menggunakan KAL Pulau Karakelang II-8-30 dan Searider mengelilingi perairan Kabupaten Kepulauan Talaud dengan melintasi semua pulau-pulau kecil terluar atau terdepan.

"Disertai dengan pengibaran bendera Merah Putih besar di KAL P. Karakelang maupun di Searider selama pelayaran dengan rute merajut pulau-pulau kecil terluar di wilayah Kabupaten Kepulauan Talaud," sebutnya.

Ia mengatakan negara Kesatuan Republik Indonesia sebagai negara kepulauan yang berciri nusantara mempunyai kedaulatan atas wilayahnya serta memiliki hak-hak berdaulat di luar wilayah kedaulatannya dan kewenangan tertentu lainnya untuk dikelola dan dimanfaatkan sebesar-besarnya bagi kesejahteraan dan kemakmuran rakyat Indonesia sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945.

Dengan diakuinya NKRI sebagai negara kepulauan Indonesia oleh dunia internasional, maka di wilayah NKRI menjadi sangat luas bukan hanya meliputi pulau-pulau namun juga perairan atau lautan yang luas yang meliputi Perairan Indonesia (Perairan Pedalaman, Perairan Kepulauan, Laut Teritorial), zona tambahan dan juga Zona Ekonomi Eksklusif Indonesia (ZEEI) serta landas kontinen.

Sebagai kabupaten kepulauan yang terletak di wilayah perbatasan, Talaud memiliki arti yang strategis bagi NKRI.

Kabupaten Kepulauan Talaud terdapat cukup banyak pulau-pulau kecil terluar atau terdepan dimana titik-titik terluar (titik dasar/titik pangkal/base point) dari pulau-pulau kecil terdepan tersebut merupakan titik dasar atau pangkal untuk menarik garis dasar/garis pangkal (base line) untuk mengukur/menentukan batas laut/maritim NKRI sebagai negara kepulauan.

Hal tersebut berdasarkan Hukum Laut Internasional 1982 yang telah diratifikasi oleh Indonesia melalui Undang-Undang Nomor 17 Tahun 1985 tentang Pengesahan UNCLOS.

Pulau-pulau terluar dan pulau-pulau kecil terluar di Talaud yang memiliki arti penting dalam menentukan batas maritim NKRI sebagai negara kepulauan antara lain Pulau Miangas, Pulau Marampit, Pulau Intata, Pulau Kakorotan dan Pulau Kabaruan.

Halaman
123
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved