Breaking News:

Bank Indonesia

Generasi Baru Indonesia, Bangga dan Cinta batik Indonesia

Batik merupakan pakaian yang sering kali di pakai masyarakat Indonesia, baik itu dari kalangan pejabat, masyarakat, orang tua, ataupun anak muda

Editor: Chintya Rantung
IST
Adrian Djakani (genBI Kom IAIN) 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Batik merupakan pakaian yang sering kali di pakai masyarakat Indonesia, baik itu dari kalangan pejabat, masyarakat, orang tua, ataupun anak muda.

Siapapun dapat mengenakan pakaian batik ini, Karena memakai batik tidak ada batasannya baik itu di gunakan saat acara formal maupun sekedar untuk dipakai jalan-jalan saja.

Perlu Kita ketahui juga bahwasannya batik sudah diakui sama UNESCO sebagai warisan budaya indonesia pada 2 oktober 2009 lalu, maka dengan hal itu kita harus melestarikan dan mencintainya jangan sampai ada negara lain coba-coba untuk mengambil warisan budaya ini.

Setelah kita mengetahui kalau batik sudah diakui sebagai warisan budaya indonesia menjadi pertanyaan adalah apa sih arti batik? Terus apa sih kira-kira alasan mengapa UNESCO mengakui Batik Sebagai Warisan budaya Indonesia? Dan bagaimana melestarikannya?

Batik yang memiliki corak, motif, ataupun dapat dikatakan sebagai pola dalam kreasinya sehingga memberikan kesan yang khas dan mempunyai arti serta makna dalam setiap pembuatannya, pada kreasi tersebut ada yang berarti perdamaian, kerukunan, semangat, sakral, dan masih banyak lagi motif-motif yang memiliki arti yang khas dalam batik tersebut.

Mulanya batik sendiri dibuat untuk bangsawan kerajaan akan tetapi seiring berjalannya zaman sekarang batik telah menjadi budaya masyarakat indonesia untuk dapat dikenakan.

Motif batik di indonesia diklaim mencapai ribuan menurut Bandung Fe institute dan Sobat Budaya pendataan yang dilakukan mengenai motif batik asal indonesia pada tahun 2015, batik indonesia tercatat sekurangnya ada 5.849 motif yang tersebar dari Aceh sampai Papua, wah sudah ngak heran kalo indonesia diklaim sebagai pemilik warisan budaya batik ini.

Secara bahasa dan istilahnya, batik berasal dari bahasa Jawa yaitu dari kata “mbat” (melempar) dan “titik”, yang berarti melempar titik berkali-kali pada kain.

Sederhananya batik merupakan seni dalam menghias kain dengan penutup lilin untuk membentuk corak hiasan tertentu serta membentuk sebuah bidang untuk diwarnai.

Menurut Afif Syakur sebagai seorang pengiat batik dan ketua paguyuban pencinta batik indonesia, menurutnya batik adalah serentang warna yang meliputi proses pemalaman (lilin), pencelupan (pewarnaan) dan pelorotan (pemanasan), sehingga menghasilkan motif yang halus dimana semua proses tersebut membutuhkan ketelitian yang tinggi.

Halaman
12
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved