Breaking News:

Tenaga Kesehatan di Kepulauan Sitaro Mulai Terima Vaksin Dosis Tiga

Hari ini kita mulai melakukan vaksinasi dosis tiga bagi tenaga kesehatan yang telah memenuhi persyaratan

Penulis: Octavian Hermanses | Editor: Charles Komaling
tribunmanado.co.id/Octavian Hermanses
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sitaro, dr Semuel Raule. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Vaksinasi dosis tiga mulai disuntikan kepada para Tenaga Kesehatan (Nakes) dan tenaga penunjang yang bekerja di lingkungan fasilitas kesehatan (faskes) di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Senin (23/8/2021).

Hari pertama penyuntikan vaksin jenis Moderna ini berlangsung di dua lokasi berbeda, masing-masing di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Lapangan Sawang dan Puskesmas Ondong Kecamatan Siau Barat.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sitaro, dr Semuel Raule yang merupakan orang nomor satu di jajaran Dinas Kesehatan menjadi yang pertama disuntik vaksin moderna. Selain Raule, 13 nakes lainnya di Puskesmas Ondong juga menerima suntikan dosis ketiga. Begitu pula 14 orang nakes di RSUD Lapangan Sawang.

"Hari ini kita mulai melakukan vaksinasi dosis tiga bagi tenaga kesehatan yang telah memenuhi persyaratan. Mulai dari RSUD Lapangan Sawang sampai Dinas Kesehatan maupun Puskesmas," kata Raule kepada wartawan.

Menurutnya, dari 782 nakes dan tenaga penunjang yang bekerja di lingkungan faskes, 420 di antaranya telah siap untuk menerima suntikan dosis ketiga. Selebihnya, sambung Raule masih terkendala beberapa syarat seperti misalnya pernah terpapar Corona Virus Disease 2019 atau Covid-19 sesaat setelah vaksinasi dosis dua maupun mereka yang memiliki penyakit bawaan.

"Banyak hal yang menyebabkan teman-teman nakes lainnya belum bisa disuntik. Yang pasti, mereka yang belum memenuhi syarat ini akan tetap menerima suntikan dosis tiga ketika sudah memenuhi syarat," lanjut Raule.

Dalam rangka pelaksanaan penyuntikan vaksin booster atau tambahan ini, Dinas Kesehatan Kabupaten Sitaro telah menerima 30 vial atau 420 dosis vaksin jenis moderna. "Satu vial berisi 14 dosis vaksin," ungkap Raule.

"Tim vaksinator akan mulai melakukan penyuntikan apabila sudah ada 14 orang. Kenapa demikian, karena vaksin ini harus dipakai enam jam setelah dibuka. Makanya harus lengkap 14 orang sesuai jumlah dosis yang ada dalam satu vial," timpal Raule.

Dia pun berharap, program vaksinasi dosis ketiga ini bisa berjalan lancar dan aman guna memberikan perlindungan kepada para nakes sebagai garda terdepan dalam penanggulangan Covid-19 di Kabupaten Sitaro.

"Dengan begitu, upaya penanganan wabah ini bisa optimal, khususnya terkait penanganan pasien," kuncinya. (*)

Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved