Breaking News:

Afghanistan vs Taliban

Segini Kekayaan Sumber Daya Alam Afghanistan yang Kini Dikuasai Taliban, Ada Tembaga hingga Uranium

Taliban kini memegang kendali atas sumber daya alam Afghanistan yang melimpah dengan nilai sekitar 3 triliun dollar AS atau sekitar Rp 42.000 triliun

Penulis: Gryfid Talumedun | Editor: Gryfid Talumedun
(AFP/Ozan Kose)
Afghanistan memiliki cadangan mineral berupa besi, tembaga, dan emas senilai US$1 triliun. 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Kelompok Taliban telah menduduki ibu kota Afghanistan, Kabul yang menandai kembalinya kekuasaan Taliban atas Afghanistan.

Kini Taliban memegang kendali atas sumber daya alam (SDA) Afghanistan senilai sekitar Rp 42.000 triliun.

Sebelumnya Taliban menduduki ibu kota Afghanistan, Kabul, pada Minggu (15/8/2021).

Penaklukkan kelompok itu atas ibu kota menandai kembalinya kekuasaan Taliban atas Afghanistan setelah digulingkan selama 20 tahun akibat diinvasi pasukan AS dan sekutunya pada 2001.

Kisah Jusuf Kalla saat Undang Taliban ke Indonesia, Sampai Minta Menlu Cabut Label Teroris di PBB

Para pemuda yang mengaku meninggalkan militer <a href='https://manado.tribunnews.com/tag/afghanistan' title='Afghanistan'>Afghanistan</a> dan melarikan diri ke Turki melalui Iran pada 17 Agustus 2021. Turki prihatin dengan peningkatan migrasi melintasi perbatasan Turki-Iran.

Dengan demikian, Taliban juga memegang kendali atas sumber daya alam (SDA) Afghanistan yang melimpah dengan nilai sekitar 3 triliun dollar AS atau sekitar Rp 42.000 triliun.

Nilai tersebut ditaksir oleh mantan Menteri Kementerian Pertambangan dan Perminyakan Afghanistan yang lengser setelah Taliban berkuasa.

Reuters mewartakan, SDA yang terkandung di bumi Afghanistan sangat beragam.

SDA tersebut meliputi, tembaga, emas, minyak, gas alam, uranium, bauksit, batu bara, bijih besi, litium, kromium, timah, seng, batu permata, belerang, travertin, gipsum, marmer, dan lain-lain.

Berdasarkan data Kementerian Pertambangan dan Perminyakan Afghanistan dan pemerintah AS yang dikutip Reuters, berikut SDA Afghanistan yang potensial jika pengembangannya tidak direcoki oleh konflik.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved